Berikut Beberapa Manfaat Mengonsumsi Edamame, Bisa Turunkan Kolesterol Hingga Melancarkan peredaran gula darah

Berikut Beberapa Manfaat Mengonsumsi Edamame, Bisa Turunkan Kolesterol Hingga Melancarkan peredaran gula darah
Ilustrasi (Farmy : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Jumat, 29 Juli 2022 11:21 WIB

Terasjabar.id - Edamame atau kacang kedelai merupakan salah satu kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi, terutama protein yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya rasanya yang enak, manfaat edamame ternyata juga beragam.

Tidak hanya tinggi akan protein, edamame juga tinggi akan vitamin A, C, E, dan K, hingga antioksidan. Mau tahu apa saja manfaat mengonsumsi edamame untuk kesehatan? Dikutip dari Healthline, berikut beberapa manfaat edamame untuk kesehatan.

Menurunkan kolesterol

Edamame (Pixabay/takedahrs)
Edamame (Pixabay/takedahrs)

Kadar kolesterol yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung seseorang. Namun, sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi 25 gr protein kedelai tiap hari dapat menurunkan kolesterol lipoprotein densitas rendah hingga 3-4%.

Meskipun penelitian tersebut masih perlu dilakukan lebih lanjut, Food and Drug Administration (FDA) menyetujui bahwa protein kedelai pada edamame dapat mencegah penyakit jantung.

Melancarkan peredaran gula darah

Selain rendah karbohidrat, edamame juga memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah. Dengan begitu, edamame menjadi salah satu sumber protein yang baik bagi penderita diabetes tipe 2. Seperti jenis kacang lainnya, edamame tidak meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

Tinggi protein

Protein merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh supaya sehat. Namun, protein biasanya banyak ditemukan pada produk hewani dan olahannya.

Oleh karena itu, bagi vegan atau seseorang yang tidak banyak makan daging, edamame bisa menjadi alternatif pengganti sumber protein. Edamame mengandung sekitar 18,4 gram protein pada tiap 160 gram.

Ilustrasi edamame (Shutterstock)

Mengurangi risiko kanker payudara

Manfaat mengonsumsi edamame selanjutnya adalah mengurangi resiko kanker payudara dengan adanya kandungan senyawa isoflavon. Meski belum terbukti 100%, studi observasional pada populasi Asia menunjukkan bahwa makanan berbasis kedelai seperti edamame dapat mengurangi risiko penyakit ini.

Mengurangi gejala menopause

Menopause merupakan waktu di mana menstruasi telah berakhir dan tidak adanya lagi sel telur pada rahim wanita. Saat memasuki waktu ini, banyak ditemukan permasalahan seperti hot flashes, mood swing, dan mudah berkeringat. Supaya bekerja optimal, isoflavon harus bertemu dengan bakteri usus yang sering disebut equol.

Disadu rdari Suara.com 

Edamame Kacang Kedelai Manfaat Kesehatan


Loading...