Berikut Beberapa Manfaat Stevia, Daun Herbal Pengganti Gula yang Menyehatkan Tubuh

Berikut Beberapa Manfaat Stevia, Daun Herbal Pengganti Gula yang Menyehatkan Tubuh
Ilustrasi (Orami : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Jumat, 29 Juli 2022 09:37 WIB

Terasjabar.id - Stevia adalah tanaman herbal berupa daun hijau yang dapat digunakan sebagai pengganti gula dalam memberikan rasa manis. Uniknya, meski diklaim memiliki rasa manis 40 kali lipat daripada gula, stevia tidak akan mempengaruhi kadar gula dalam darah.

Tentu saja, ini merupakan hal yang baik karena tingginya kadar gula darah dapat memicu berbagai kondisi kesehatan. Inilah mengapa stevia banyak digunakan sebagai pengganti gula untuk mereka yang sedang diet atau ingin menurunkan kadar gula darah.

Ikuti INSTAGRAM Kami :



Dilansir dari laman organic facts, berikut 5 manfaat stevia untuk kesehatan tubuh.

Membantu Mengontrol Diabetes

Manfaat stevia yang paling banyak diketahui adalah kemampuannya dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Stevia merupakan pengganti gula ideal karena rasanya yang sama-sama manis, namun ketika dicerna, kandungan glukosanya akan diserap oleh bakteri di usus besar alih-alih aliran darah. Ini semua berkat kandungan stevioside atau senyawa glikosida non-karbohidrat.

Menurunkan Tekanan Darah

Stevioside merupakan jenis glikosida tetapi dapat mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan buang air kecil, dan membantu penguraian natrium dalam tubuh. Dengan begitu, tekanan kardiovaskular dapat terjaga dan menurunkan tekanan darah sehingga kesehatan jantung terlindungi dan mencegah kondisi tertentu seperti stroke, dan serangan jantung.

Menurunkan Tingkat Kolesterol

Manfaat stevia selanjutnya adalah menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang buruk bagi tubuh. Bahan ini juga meningkatkan kadar kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik, dan sangat penting untuk lipid yang dibutuhkan tubuh.

Menjaga Kesehatan Mulut

Stevia telah terbukti dapat mengurangi pembentukan bakteri di mulut. Oleh karena itu, stevia banyak digunakan untuk bahan aditif pada merek pasta gigi dan obat kumur. Stevia juga dapat mencegah gigi berlubang, dan radang gigi yang tidak bisa dilakukan oleh sukrosa.

Tonton Juga :

Mencegah Osteoporosis

Lain halnya dengan gula, stevia dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mengobati osteoporosis. Hal ini telah terbukti pada penelitian terhadap hewan yang menunjukkan meningkatkan metabolisme kalsium. Para peneliti juga masih melakukan penelitian lebih lanjut untuk penerapan manfaat stevia satu ini pada manusia.

Baca Juga :

Disadur dari Suara.com 

Stevia Tanaman Herbal Kadar Gula Kesehatan Tubuh Manfaat


Loading...