Berikut Beberapa Manfaat Kailan, Baik untuk Ibu Hamil

Berikut Beberapa Manfaat Kailan, Baik untuk Ibu Hamil
Ilustrasi (Orami : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Kamis, 28 Juli 2022 13:30 WIB

Terasjabar.id - Kailan merupakan sejenis sayur yang dikenal memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Kailan biasanya banyak disajikan di restoran Chinese Food dengan cara ditumis, dicampur bumbu rempah-rempah dan dihidangkan denagn saus tiram.

Dilansir dari Health Cautions, kailan merupakan sayuran yang bagian dari spesies kembang kol dan brokoli yang memiliki nama latin Brassica oleracea. Ciri-ciri sayuran kailan adalah memiliki daun hijau rata, tebal dan halus, serta memiliki batang tebal dan bunga kecil. 

Kailan ternyata kaya akan nutrisi dengan kadar kalium, lutein, zeaxanthin, vitamin C, vitamin K dan beta karoten yang tinggi. Dengan banyaknya kadar nutrisi pada sayur kailan, tentu ada banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Simak daftar manfaat kailan, sayuran yang kaya akan nutrisi ini.

1. Baik untuk ibu hamil

Sayur kailan sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil maupun sedang menyusui. Diketahui, kandungan asam folat pada kailan ini dapat bermanfaat baik dalam pembentukan saraf dan perkembangan pada janin. Sumber folat juga dapat mencegah cacat dan sebagai pembentuk sel darah merah pada ibu hamil.

2. Membantu mengurangi risiko terkena kanker

Kailan memiliki kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang penting untuk mengurangi risiko kanker. Selain itu, kailan mengandung vitamin K dan zat sulfur yang mampu untuk mengontrol hormon estrogen dalam tubuh.

Baby kailan goreng. (Guideku/Arendya Nariswari)
Baby kailan goreng. (Guideku/Arendya Nariswari)

3. Merawat tulang dan gigi

Nutrisi pada sayur kailan yang lain adalah kalsium. Bahkan kalsium pada kailan lebih tinggi dari produk susu yang tentunya baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta menghindari kelainan pada tulang. 


Apabila seseorang alergi terhadap susu, maka sayur kailan menjadi rekomendasi yang tepat untuk dikonsumsi.

4. Membantu menjaga kesehatan mata

Mata menjadi aset berharga bagi setiap orang. Oleh karenanya perlu untuk selalu merawat kesehatan mata, salah satunya dengan mengonsumsi sayur kailan. Sayur kailan mengandung vitamin A, lutein dan zeaxhantin yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

5. Mengurangi risiko terkena diabetes

Kailan mengandung asam omega 3 yang merupakan kandungan penting bagi tubuh. Kailan daapt mengurangi risiko glukosa abnormal dala darah seperti diabetes tipe 2.

Itulah 5 manfaat kailan, sayur yang memiliki banyak nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!


Disadur dari Suara,com 

Kailan Sayur Chinese Food Manfaat Ibu Hamil


Loading...