Berikut Beberapa Manfaat Pisang Hijau, Tinggi Serat yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Berikut Beberapa Manfaat Pisang Hijau, Tinggi Serat yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan
Ilustrasi (Lifestyle Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Kamis, 28 Juli 2022 13:08 WIB

Terasjabar.id - Pisang hijau dikenal sebagai pisang yang kaya akan kandungan gizi dan nutrisi baik bagi tubuh. Meski demikian banyak orang yang lebih memilih makan pisang kuning daripada pisang hijau. Simak manfaat pisang hijau sebagai berikut. 

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki rasa yang lezat dan bernutrisi tinggi yang menjadi makanan favorit banyak orang. Karena menjadi makanan favorit, banyak orang yang mengolah pisang dalam berbagai jenis penyajiannya seperti pisang goreng, salad pisang, keripik pisang dan lain sebagainya. 

Namun banyak orang yang tidak mengetahui kandungan nutrisi yang besar terhadap pisang hijau. Pisang hijau adalah pisang yang masih mentah mengandung serat yang tinggi dan banyak pati resistennya.

Dilansir dari Healthline, pisang hijau memiliki beberapa perbedaan dari pisang kuning yang umum dikonsumsi oleh banyak orang.

  • Rasa pisang hijau kurang manis daripada pisang kuning dan bahkan memiliki rasa sedikit pahit
  • Secara tekstur pisang hijau lebih keras dari pisang kuning. Terkadang tekstur pisang hijau digambarkan sebagai lilin
  • Pisang hijau mengandung pati yang lebih tinggi. Jika pisang matang dan menguning, pati akan berubah menjadi gula
  • Pisang hijau lebih sulit untuk dikupas, sedangkan pisang matang lebih mudah untuk dikupas

Selain mengetahui perbedaan pisang hijau dan pisang kuning, Anda diharapkan dapat mengetahui apa saja manfaat makan pisang hijau yang dipercaya memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Ilustrasi pohon pisang. (Shutterstock)
Ilustrasi pisang hijau dan kuning. (Shutterstock)

1. Meningkatkan kesehatan pada organ pencernaan

Manfaat makan pisang hijau yang pertama adalah dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Nutrisi yang terdapat pada pisang hijau memiliki efek prebiotik yang membantu menjaga bakteri usus tetap sehat. Selain itu, pisang hijau dapat meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek yang penting untuk kesehatan pencernaan.

2. Mengontrol gula darah

Pisang hijau memiliki indeks glikemik yang rendah dengan skor 30 sedangkan pisang matang memiliki skor 60. Indkes glikemik ini dapat mengukur seberapa cepat makanan dapat meningkatkan gula darah Anda. 

3. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan pati resisten pada pisang hijau dapat mempercepat proses pembakaran lemak pada tubuh. Hal ini akan membuat seseorang merasa kenyang lebih cepat dan tidak menyebabkan keinginan untuk nyemil makanan.

4. Membantu penyerapan nutrisi

Pisang hijau mengandung asam lemak rantai pendek yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Oleh karena itu, pisang hijau sangat disarankan untuk dikonsumsi terutama bagi Anda yang menginginkan tubuh yang lebih sehat.

5. Membuat rambut lebih sehat

Pisang hijau mengandung vitamin C dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Selain itu, pisang hijau mengandung potasium yang dapat melembutkan rambut dan dapat tumbuh lebih sehat. 

Itulah 5 manfaat pisang hijau yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Disadur dari Suara.com 

Pisang Hijau Manfaat Pisang Kuning Kesehatan


Loading...