Berikut Beberapa Tips Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Berikut Beberapa Tips Memasak Pare Agar Tidak Pahit
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Kamis, 28 Juli 2022 09:28 WIB

Terasjabar.id -- Beberapa orang mungkin kurang menyukai pare. Rasa pahit pada buah ini menjadi alasan utama beberapa orang tidak menyukai olahan ini.  Padahal, pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. diantaranya untuk meredakan panas, penambah nafsu makan, hingga obat cacing.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengolah pare pahit. Yuk simak cara memasak pare sehingga tidak pahit dan menjadi lebih nikmat.

Ikuti INSTAGRAM Kami :



Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

1. Pilih pare berkualitas baik

Kualitas dari pare itu sendiri ternyata dapat mempengaruhi kepahitan pare. Dari segi ukuran dan tingkat kematangan pare berpengaruh pada rasa pahit. Pare matang akan memiliki rasa yang lebih pahit atau getir. Pare yang semakin besar  juga akan lebih pahit. Jadi, dapat memilih pare dengan ukuran kecil yang masih muda untuk mengurangi rasa pahit.

2. Hilangkan bagian tengah pare

Salah satu cara untuk mengurangi rasa getir pdengan menghilangkan bagian tengahnya. Caranya, cukup belah pare menjadi dua, kemudian buang bagian tengah pare yang berwarna putih. Setelah itu, potong pare tipis-tipis supaya saat dimasak, sari-sari pare bisa lebih keluar.

3. Rendam dengan garam

Untuk menghilangkan rasa tidak pahit saat dimasak, rendamlah potongan pare terlebih dahulu dengan air garam. Supaya rasa getir semakin hilang, sesekali remas pare yang direndam, dan diamkan selama 20-30 menit sebelum mengolahnya. Setelah itu, jangan lupa untuk membilasnya dengan air mendidih supaya rasa garam tidak terlalu melekat.

4. Rendam pare dengan gula

Selain garam, bahanr yang kerap digunakan untuk menghilangkan rasa getir pada pare adalah gula. Caranya, sama persis, cukup potong tipis-tipis pare lalu rendam dengan air gula sambil sesekali meremasnya.

5. Rendam pare dengan yoghurt

Selain cocok dijadikan campuran untuk dessert, kandungan asam yang tinggi pada yoghurt rupanya juga cocok untuk disandingkan dengan pare untuk menghilangkan rasa pahit. Fakta ini juga didasari pada penelitian dari Biological and Pharmaceutical Bulletin yang menemukan yoghurt bisa meminimalisir rasa pahit pada obat topiramate.

Tonton Juga :

6. Rebus dengan daun jambu biji

Cara selanjutnya untuk menghilangkan rasa pahit pada pare adalah dengan merebusnya bersama daun jambu biji, Caranya sangat mudah, cukup rebus potongan pare dengan daun jambu biji selama lima menit, kemudian tiriskan, lalu bilas dengan air bersih.

7. Rebus dengan tanah liat

Selain merebusnya dengan bahan makanan lain, menghilangkan rasa pahit pare dengan merebusnya bersama tanah liat. Cukup 3 menit , rasa pahit pada potongan pare dapat dinetralisir. Tidak perlu menggunakan terlalu banyak, gunakan secukupnya saja.

Baca Juga :

Disadur dari Suara.com 

Pare Cara Memasak Rasa Pahit


Loading...