Berikut Beberapa Manfaat Daun Bidara, Dapat Menyembuhkan Luka Hingga Mencerahkan Kulit

Berikut Beberapa Manfaat Daun Bidara,  Dapat Menyembuhkan Luka Hingga Mencerahkan Kulit
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 27 Juli 2022 13:53 WIB

Terasjabar.id - Daun bidara merupakan salah satu tanaman yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan dijadikan sebagai obat tradisional. Tanaman bidara ini memiliki tinggi sekitar 6 meter - 15 meter dengan ranting dan cabang tanaman yang memiliki duri. Untuk manfaat daun bidara, bisa Anda simak di artikel ini.

Tanaman bidara ini telah tumbuh diberbagai wilayah di seluruh dunia seperti China, Australia, Afrika negara-negara Asia Tenggara dan termasuk Indonesia. Sejak ribuan tahun, daun bidara dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti obat tradisional. Lantas bagaimana manfaat daun bidara? Simak ulasannya berikut ini.

1. Dapat menyembuhkan luka

Daun bidara sering digunakan sebagai pengobatan luka pada kulit. Hal ini dikarenakan kandungan anti inflamasi dan antibakteri yang dapat menyembuhkan luka. Caranya dengan menghaluskan daun bidara dan ditempelkan pada bagian luka. Setelah itu biarkan selama 5 menit dan dibilas dengan air yang mengalir.

2. Membantu mencerahkan kulit

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang cerah. Oleh karenanya, kini banyak bermunculan berbagai produk kecantikan yang dapat membantu mencerahan kulit.

Salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang cerah secara alami adalah dengan menggunakan daun bidara. Daun bidara mengandung vitamin C dan antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas.

3. Dapat menghaluskan kulit

Jika Anda memiliki permasalahan kulit kusam atau kasar, daun bidara menjadi salah satu solusi untuk Anda. Daun bidara dipercaya dapat membuat wajah kembali cerah dan mulus secara alami. 

Ilustrasi daun bidara. (Pixabay/Lemon Park)
Ilustrasi daun bidara. (Pixabay/Lemon Park)

4. Bermanfaat bagi kesehatan gigi dan tulang

Daun bidara mengandung kalsium yang tinggi sehingga dapat memperkuat tulang dan gigi. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk secara rutin mengonsumsi daun bidara sebagai perawatan gigi dan tulang secara alami.

5. Baik untuk pencernaan

Air rebusan daun bidara dapat mengobati segala macam permasalahan pencernaan seperti sakit perut, perut kembung, peradangan hingga sembelit.

6. Memiliki efek relaksasi pada tubuh

Jika Anda mengalami insomnia atau siklus tidur yang buruk, Anda disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun bidara. Daun bidara memiliki efek relaksasi pada tubuh yang dapat mengobati segala jenis permasalahan tidur.

7. Mengobati bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah menjadi permasalahan umum yang sering terjadi. Kandungan antioksidan pada daun bidara ini dapat membuat kulit bibir kembali sehat.

Itulah beberapa manfaat daun bidara yang baik untuk kesehatan kulit serta bagian tubuh lain yang dapat Anda gunakan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!


Disadur dari Suara.com 

Daun Bidara Manfaat Kesehatan Obat Tradisional


Loading...