Berikut Beberapa Manfaat dari Okra dan Cara Konsumsinya

Berikut Beberapa Manfaat dari Okra dan Cara Konsumsinya
Ilustrasi (Hello Sehat : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Senin, 25 Juli 2022 15:25 WIB

Terasjabar.id - Salah satu bahan makanan yang belakangan ini cukup populer adalah okra. Meski terdengar asing bagi sebagian orang, sebenarnya okra adalah tanaman masih satu keluarga dengan kembang sepatu dan kapas. Manfaat okra dan cara konsumsinya bisa Anda simak di artikel singkat ini.

Okra sendiri awam ditemukan di area Afrika, Timur Tengah, hingga ke Asia dan Indonesia. Masuk dalam kategori buah-buahan, okra kerap dianggap sebagai sayuran dan disajikan dalam banyak bentuk.

5 Manfaat Okra

Dengan kandungannya yang kaya, okra dapat membawa berbagai manfaat untuk kesehatan saat dikonsumsi secara rutin.

1. Menurunkan dan Mengontrol Gula Darah

Manfaat okra ini berasal dari serat dengan indeks glikemik yang rendah. Penderita diabetes bisa mengonsumsi okra karena dapat membantu mengontrol gula darah. Okra diketahui dapat menurunkan tingkat penyerapan gula darah di usus dan meningkatkan sensitivitas hormon insulin.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kedua adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Okra masuk dalam golongan makanan rendah kalori namun kaya nutrisi, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mendukung program diet yang dijalankan. Jelas, konsumsi okra juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat dan olahraga yang rutin.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan serat, vitamin, dan mineral, serta antioksidan yang dimilikinya, konsumsi rutin okra bisa mencegah kondisi kurang baik pada tubuh. Mulai dari mengurangi peradangan, mencegah pembekuan darah, mengontrol tekanan darah, hingga mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Ketika diekstrak, okra memiliki zat yang bersifat anti kanker dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Dua zat ini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, namun secara praktis masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk hal ini.

5. Kesehatan Pencernaan

Dijelaskan dalam poin pertama dan kedua tadi bahwa okra memiliki kandungan serat yang tinggi. Maka secara langsung okra juga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan ketika dikonsumsi secara rutin.


Cara Pengolahan Okra untuk Dikonsumsi

Beberapa cara pengolahan okra yang bisa dicoba adalah sebagai berikut :

  • Memanggang okra di dalam oven untuk dikonsumsi sebagai camilan
  • Menambahkan okra ke dalam tumisan sayuran
  • Memasak dengan saur tomat dan disajikan dengan pasta
  • Menumis okra dengan bawang putih dan bumbu lain seperti terasi atau cabai

Cukup jelas bukan manfaat okra dan cara konsumsinya agar dapat diperoleh nutrisi di dalamnya? Untuk itu, okra bisa jadi satu alternatif makanan sehat yang masuk ke dalam menu harian yang kamu miliki. Semoga berguna, dan selamat melanjutkan aktivitas!

Dsisadur dari Suara.com 

Okraf Manfaat Cara Pengolahan


Loading...