Berikut Beberapa Manfaat Buah Kecapi, Salah Satunya Mengatasi Gangguan Pencernaan

Berikut Beberapa Manfaat Buah Kecapi, Salah Satunya Mengatasi Gangguan Pencernaan
Ilustrasi (Detik.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Sabtu, 23 Juli 2022 10:28 WIB

Terasjabar.id -- Sandoricum koetjape atau yang lebih dikenal dengan sebutan buah kecapi, diperkirakan berasal dari daerah di sekitaran semenanjung Asia Tenggara. Meskipun mungkin buah kecapi bukan termasuk dalam deretan buah populer dan tidak mudah untuk menemukannya di Indonesia, akan tetapi ternyata buah kecapi menyimpan banyak manfaat.

Buah kecapi memiliki bentuk bulat seukuran buah apel, dengan daging buah berwarna putih sekilas mirip buah manggis yang bertekstur halus dengan rasa asam dan manis. Sehingga buahnya kerap dimakan langsung dalam keadaan segar, ataupun dengan cara mengolahnya terlebih dahulu untuk dijadikan manisan, rujak ataupun marmalade.

Ikuti INSTAGRAM Kami :



Dalam setiap 100 gram buah kecapi terdapat kandungan nutrisi seperti, Energi, Protein, Serat, Kalsium, Fosfor, Besi, dan beberapa vitamin.

Merangkum dari sehatq dan hellosehat, berikut beberapa manfaat buah kecapi yang baik bagi kesehatan tubuh.

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Diketahui serat buah kecapi ternyata dapat berubah menjadi gel ketika bertemu dengan air saat sudah masuk dalam saluran pencernaan, dimana Gel tersebut dapat membuat feses menjadi lunak sehingga lebih mudah saat dikeluarkan. Gel serat buah kecapi juga termasuk prebiotik yang dapat menambah jumlah bakteri baik di dalam usus, sehingga dapat membantu mengatasi sembelit dan peradangan secara alami

Selain itu kandungan serat yang tinggi dalam buah kecapi juga dapat berkhasiat membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga bagus jika dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, suplemen pektin dari buah kecapi juga bisa membantu membakar lemak, serta menurunkan kalori lebih banyak dibandingkan dengan diet protein.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat buah kecapi selanjutnya dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh, dimana kandungan pektin atau serat larut air dalam buah kecapi akan berikatan dengan low-density lipoprotein (LDL) yang merupakan kolesterol jahat dan mencegahnya terbawa oleh darah. Sehingga dapat mengurangi resiko penyebab munculnya penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.


3. Dapat mencegah kanker

Kandungan vitamin B dan C pada buah kecapi merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, yang akan menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Juga antioksidan yang berasal dari zat polifenol dalam buah kecapi mampu membantu mencegah kanker dengan menghambat pembelahan sel abnormal, dan pembentukan pembuluh darah yang akan menjadi jalur makanan menuju sel tersebut.

Tak ketinggalan kandungan antiradang, fitokimia dalam buah kecapi yang juga berfungsi melindungi tubuh dari gejala peradangan. Sehingga jika mengonsumsi buah ini secara rutin, maka akan dapat mencegah risiko terserang dua penyakit berbahaya tersebut, kangker dan peradangan.

4. Menjaga kesehatan gigi

Rasa masam buah kecapi juga dapat merangsang produksi air liur, sehingga mampu mengurangi jumlah bakteri yang ada di dalam mulut. Serta menurunkan risiko gigi berlubang akibat pengikisan lapisan email gigi yang disebabkan oleh bakteri tersebut.

juga kandungan kalsium dan fosfor didalamnya, yang ternyata sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi, sehingga dapat memelihara kepadatan tulang agar terlindung dari risiko osteoporosis.

Tonton Juga :

5. Aman bagi penderita diabetes

Mengandung serat yang cukup banyak dan memiliki indeks glikemik rendah buah kecapi dapat dijadikan teman diet yang sehat dan sebagi salah satu pilihan makanan yang aman bagi para pengidap diabetes, sebab makanan dengan indeks glikemik rendah tidak bisa meningkatkan gula darah dengan cepat. Namun, penelitian terkait manfaat buah kecapi ini juga masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut lagi.

Itulah beberapa manfaat buah kecapi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga :

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Sandoricum koetjape Buah Kecapi Asia Tenggara Manfaat Kesehatan Tubuh


Loading...