Berikut Beberapa Manfaat Lobster dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Lobster dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan
Ilustrasi (Grid.id : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Kamis, 21 Juli 2022 15:05 WIB

Terasjabar.id -- Siapa nih yang suka makan lobster? Ya, rasanya yang nikmat tentu banyak orang yang tidak bisa untuk menolak memakannya. Namun, apa saja sih manfaat lobster untuk kesehatan dan apa efek sampingnya?

Lobster sendiri sering dianggap sebagai makanan mewah karena harganya yang mahal. Selain itu, lobster juga dikenal tinggi kolesterol. Ya, satu porsi lobster terkandung hampir 70% kebutuhan harian.

Selain itu, proses pengolahan lobster melalui proses penggorengan juga berdampak pada kenaikan kolesterol jahat pada tubuh.

Nah, berikut ada 5 manfaat lobster untuk kesehatan, yang dirangkum dari laman sehatq.com.

1. Sumber asam lemak omega-3

Lobster menjadi salah satu makanan laut yang mengandung asam lemak omega-3. Dalam 85 gram lobster saja, terkandung sekitar 200-500 mg omega-3

Nah, asupan omega-3 yang cukup berguna untuk menurunkan resiko diabetes, penyakit jantung, dan obesitas, serta menjaga ritme jantung dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu omega-3 juga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah.

2. Mengatasi penyakit tiroid


Lobster mengandung selenium yang dapat mengoptimalkan fungsi tiroid. Asupan selenium yang cukup dapat membuat tubuh terasa bugar, mood menjadi lebih baik, dan mengoptimalkan fungsi tiroid.

3. Mengatasi anemia

Disaat sel darah merah tidak cukup dan tidak berfungsi, maka disebut anemia. Nah, lobster sendiri mengandung copper yang cukup tinggi, dan berguna untuk mengatasi gejala anemia.

4. Menurunkan resiko kanker

Ternyata, lobster juga bermanfaat menurunkan resiko kanker. Kandungan selenium dan omega-3 juga berperan dalam hal ini.

Ya, kedua nutrisi tersebut berperan sebagai agen antikanker, juga melindungi tubuh dari resiko penyakit degeneratif kronis lainnya.

Efek samping makan lobster

Meski dari segi manfaat lobster sangat baik, namun ada juga resiko efek samping jika tetap makan lobster.

1. Keracunan logam berat, ini terjadi jika lobster yang kamu makan terkontaminasi dengan logam berat.

2. Alergi

3. Keracunan makanan, ini juga akan terjadi jika lobster yang kamu makan terkontaminasi mikroba akibat pengolahan yang kurang baik dan bersih.

Memang tidak salah jika kita mengkonsumsi lobster, tapi ingat jangan berlebihan! Jangan sampai terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Lobster Makanan Manfaat Kesehatan


Loading...