Kuota Khusus Buat Calon Haji Lanjut Usia Tahun 2023

Kuota Khusus Buat Calon Haji Lanjut Usia Tahun 2023
Menteri Agama RI Yaqut Qoumas saat berjabatan tangan dengan Menteri Haji Arab Saudi
Editor: Epenz Teras Kuningan —Rabu, 20 Juli 2022 10:14 WIB

Kuningan, Terasjabar.id -- Bakal ada kuota khusus buat calon haji usia lanjut pada penyelenggaraan haji tahun depan. Hal ini dikatakan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas selepas jumpa Menteri Haji Arab Saudi di Jeddah Arab Saudi, Jumat (15/7/2022).

Seperti diketahui, di musim haji tahun ini, Arab Saudi memberikan batasan usia bagi para jemaah yang akan datang untuk berhaji. Yaitu, para jemaah yang akan berhaji tahun ini maksimal 65 tahun.

"Ini disampaikan pada waktu pertemuan itu, akan ada kuota khusus untuk (jemaah) usia lanjut," kata Menag usai memimpin rapat evaluasi penyelenggaraan haji 2022 di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (16/7/2022).

Ikuti INSTAGRAM Kami :


 


"Definisinya seperti apa saya belum tahu juga, lebih baik kita tunggu saja. Tapi ini intens, setiap hari saya masih WA-an dengan menteri haji (Arab Saudi) untuk dapat updatenya seperti apa," lanjutnya seperti dilansir Viva.co.id.

Dalam rapat evaluasi ini, hadir delegasi Amirul Hajj, Dubes RI di Saudi Abdul Aziz, Konjen RI di Jeddah Eko Hartono, tim pengawas, stafsus Menag, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief beserta jajarannya, serta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.


Menag, Yaqut Cholil Qoumas usai memimpin rapat evaluasi haji 2022 Sebelumnya, Menag juga mengatakan, Indonesia berpeluang mendapat kuota jemaah haji lebih banyak dibanding penyelenggaraan haji tahun ini. Kabar ini juga diterima langsung Menag dari Menteri Haji Arab Saudi.

Untuk tahun ini, tercatat kuota jemaah haji Indonesia mencapai 100.051 orang. Ini kurang dari setengah dari kuota Indonesia di masa normal. Seperti diketahui, haji 2022 merupakan penyelenggaraan haji pertama pasca pandemi COVID-19.

Tonton Juga :

"Informasi yang saya dapatkan dari Menteri Haji (Arab Saudi) saat saya bertemu beberapa hari lalu, beliau mengatakan, Insya Allah, akan lebih banyak dari tahun ini," kata Menag.

Berapa jumlah angka pasti kuota haji Indonesia tahun depan? "Belum dong, itu pemerintah Saudi yang akan mengumumkan, bukan saya, kilahnya.
Kalau saya maunya 100 persen. kita tunggu saja update terbarunya nanti. (H WAWAN YR)

Baca Juga :

Calon Haji Lanjut Haji Tahun 2023 Arab Saudi


Loading...