Berikut Beberapa Manfaat Anggur Laut untuk Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Anggur Laut untuk Kesehatan
Ilustrasi (Orami : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Senin, 18 Juli 2022 14:41 WIB

Terasjabar.id -- Sea grapes sering juga disebut anggur laut merupakan rumput laut yang berbentuk mirip seperti buah anggur.

Banyak yang percaya, kalau anggur laut memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Nah, apa saja manfaatnya itu? Disini kita akan bahas, jadi simak baik-baik ya!

Bukan hanya unik, rasa dari anggur laut juga cukup asin dan mirip seperti ganggang. Masyarakat di negara Asia Tenggara, Asia Timur, dan Oseania sering mengkonsumsi tanaman unik ini.

Namun, apa sajakah manfaatnya? Berikut penjelasannya yang telah dirangkum dari laman sehatq.com.

1. Tinggi nutrisi

Tanaman laut ini dipercaya tinggi akan nutrisi. Bahkan studi yang berasal dari Kasetsart Journal - Natural Science mengungkapkan bahwa tanaman ini mengandung protein dan mineral, seperti fosfor, magnesium, kalsium, dan tembaga.

Seperti halnya rumput laut, anggur laut juga mengandung yodium yang cukup tinggi.

2. Memperkuat tulang dan persendian

Seperti yang dijelaskan diatas, anggur laut mengandung protein, kalsium, asam lemak tak jenuh ganda.


Bahkan, anggur laut dipercaya dapat memperkuat tulang dan persendian. Selain itu, anggur laut juga dipercaya baik untuk meredakan peradangan dan mengurangi gejala pengeroposan tulang.

3. Menyehatkan mata dan jantung

Asam lemak tak jenuh juga terkandung di dalam anggur laut, seperti asam alfa-linolenat (ALA), asam docosahexaenoic (DHA), asam eicosapentaenoic (EPA), dan asam arakidonat (AA).

Sejumlah lemak sehat yang disebutkan tadi, diyakini dapat meningkatkan penglihatan dan daya ingat.

Bahkan, manfaat lemak tersebut juga dapat menurunkan kolesterol, meningkatkan aliran darah, mencegah oksidasi, menjaga struktur kulit di arteri, dan mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Mencegah sembelit

Perlu diketahui, anggur laut tidak mengandung gula  dan kalori yang tinggi. Sehingga, bakteri baik dalam sistem pencernaan dapat menyerap makanan dan mengeluarkan limbah lebih cepat.

5. Mengontrol tekanan darah dan gula darah

Selain nutrisi yang disebutkan tadi, anggur laut juga mengandung kalsium, kalium, dan vitamin C. 

Nutrisi tersebut dianggap mampu menurunkan tekanan darah karena memicu ekskresi dan mengatur tekanan darah normal pada penderita hipertensi.

6. Mencegah gondok

Kelenjar tiroid yang membesar merupakan penyakit gondok. Penyakit ini ternyata bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang beryodium, termasuk anggur laut.

7. Baik untuk kulit dan rambut

Nah, dari nutrisi yang ada pada anggur laut, anggur laut dipercaya dapat memproses kolagen dan antioksidan secara efisien guna memberikan penampilan awet muda dan menyehatkan kulit.

Nah, banyak sekali bukan manfaat anggur laut! Semoga kalian sehat selalu ya:)

Semoga bermanfaat.


Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Sea Grapes Anggur Laut Kesehatan Manfaat


Loading...