Berikut Beberapa Manfaat Buah Murbei jika Dikonsumsi Rutin

Berikut Beberapa Manfaat Buah Murbei jika Dikonsumsi Rutin
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Minggu, 17 Juli 2022 13:33 WIB

Terasjabar.id - Apakah Anda familiar dengan buah murbei? Di Indonesia, buah ini memang tidak menjadi buah yang terlalu umum dikonsumsi. Namun ternyata, manfaat buah murbei untuk kesehatan cukup banyak jika dilihat dari kandungan yang dimilikinya.

Setidaknya, terdapat tiga manfaat besar buah murbei untuk kesehatan tubuh manusia. Tentu, manfaat ini bisa diperoleh ketika seseorang mengonsumsinya secara rutin, sehingga dapat memberikan asupan nutrisi harian untuk tubuh.

Berikut penjelasan ketiga manfaat buah murbei.

Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Serupa dengan buah lain yang kaya akan serat, buah murbei juga dapat membantu menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi berperan besar dalam hal ini, sehingga kondisi sistem pencernaan terjaga dengan baik.

Pergerakan makanan akan lancar, sehingga saat diproses makanan bisa melalui saluran cerna dengan efektif. Ketika sistem pencernaan berjalan lancar, maka tinja akan keluar dengan mudah tanpa terlalu banyak usaha. Keluhan seperti sembelit, perut kembung, dan kram, bisa dihindari.

Buah Murbei (freepik)
Buah Murbei (freepik)

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C di dalam buah murbei menjadi sumber manfaat berikutnya. Vitamin ini sendiri adalah nutrisi yang ampuh untuk melawan infeksi dari berbagai virus dan bakteri, sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

Dalam ukuran buah murbei normal, satu porsi sajiannya dapat memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh manusia dewasa satu hari. Ini artinya, kandungan vitamin C di dalam buah murbei sangat tinggi, sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin.

Membantu Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat buah murbei selanjutnya adalah membantu meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan yang berperan dalam ini adalah zat besi, yang berhubungan langsung dengan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Distribusi oksigen di dalam tubuh bisa meningkat ketika keberadaan sel darah merah juga meningkat jumlahnya. Seorang dapat merasakan peningkatan metabolisme yang kemudian meningkatkan fungsi semua bagian tubuh secara signifikan.

Tentu masih cukup banyak berbagai manfaat lain yang bisa diberikan pada konsumsi rutin buah murbei. Namun demikian sangat disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter atau ahli nutrisi, sehingga manfaat buah murbei bisa diperoleh secara optimal.

Disadur dari Suara.com 

Buah Murbei Kesehatan Indonesia


Loading...