Semifinal Piala AFF U-19 2022 : Timnas Laos U-19 Cetak Sejarah, Pertama Kali Lolos ke Final Piala AFF

Semifinal Piala AFF U-19 2022 : Timnas Laos U-19 Cetak Sejarah, Pertama Kali Lolos ke Final Piala AFF
(Detik.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Kamis, 14 Juli 2022 12:36 WIB

Terasjabar.id - Prestasi mentereng dibuat oleh Laos di ajang Piala AFF U-19 2022, di mana tim berjuluk Thim Xhad untuk pertama kalinya berhasil menembus babak final.

Timnas Laos U-19 meneruskan kejutannya sepanjang turnamen Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung di Tanah Air dengan menembus partai puncak.

Sebelumnya, Laos mampu membuat kejutan di fase grup Piala AFF U-19 2022, saat berhasil menjadi pemuncak grup B di atas Malaysia, Timor Leste, Kamboja dan Singapura.

Laos berhasil menjadi pemuncak grup B usai menyapu bersih seluruh laga yang ada dengan kemenangan dan membuat mereka mengoleksi 12 poin.

Jumlah poin yang dikoleksi Laos ini, unggul atas rival terdekatnya yakni Malaysia yang hanya meraih 7 poin dari 4 pertandingan di grup B.

Berkat raihan itu, Laos pun berhak melangkah ke semifinal dan akan menantang Runner Up grup A yakni Thailand di semifinal.

Sempat diprediksi akan tumbang dari Thailand, Laos secara mengejutkan mampu membuat salah satu tim terkuat di Asia Tenggara itu menyerah.

Di laga semifinal yang berlangsung Rabu (13/7) kemarin tersebut, Laos berhasil menundukkan Thailand dengan skor 2-0.

Gol kemenangan Laos sendiri dicetak oleh Peter Phanthavong di menit ke-8 dan Damoth Thongkhamsavath di menit ke-85.

Berkat kemenangan atas Thailand itu, Laos pun berhak menyentuh babak final atau partai puncak Piala AFF U-19 2022.

Keberhasilan menyentuh babak final Piala AFF U-19 2022 ini menjadi keberhasilan perdana bagi tim berjuluk Thim Xhad tersebut.

Sejak partisipasinya pada 2002 silam, Laos tercatat belum pernah menyentuh babak final dalam 11 kali partisipasinya di ajang ini.

Pencapaian terbaik Laos sebelum Piala AFF U-19 2022 sendiri hanyalah menempati peringkat ketiga sebanyak tiga kali pada edisi 2002, 2005, dan 2015.

Selebihnya, langkah Laos kebanyakan hanya terhenti di babak grup saja dengan menjadi bulan-bulanan tim kuat Asia Tenggara lainnya.

Keberhasilan Laos mencetak sejarah ini sendiri tak lepas dari sosok pelatih asal Jerman, Hans Michael Weiss yang ditunjuk pada tahun ini.

Dalam waktu singkat, Hans Michael Weiss mampu menyulap para pemain muda Laos menjadi salah satu kuda hitam di Asia Tenggara lewat pencapaian di Piala AFF U-19 2022.

Kini, Laos dan Hans Michael Weiss akan menapaki final pertamanya di Piala AFF U-19 dengan melawan Malaysia yang menang atas Vietnam di babak semifinal.

Berkaca pada pertemuan terakhirnya dengan Malaysia di grup B, Laos dan Hans Michael Weiss pun pede bisa kembali meraih kemenangan dan menorehkan sejarah dengan menggondol gelar juara Piala AFF U-19 2022.


Disadur dari Suara.com 

Piala AFF U-19 2022 Timnas Laos U-19 Thailand


Loading...