Berikut Beberapa Manfaat dari Mengonsumsi Seduhan Saffron bagi Kesehatan Tubuh

Berikut Beberapa Manfaat dari Mengonsumsi Seduhan Saffron bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (Halodoc : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Rabu, 13 Juli 2022 13:45 WIB

Terasjabar.id -- Saffron merupakan jenis rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus. Bunga ini tumbuh di sekitar Timur Tengah dan sebagian wilayah Eropa. Saffron juga telah banyak dibudidayakan di negara Iran, India, dan Yunani.

Folow juga:







View this post on Instagram











A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


Saat ini saffron menjadi rempah yang paling mahal didunia. Bagaimana tidak, bunga ini hanya akan mekar selama tiga sampai empat minggu antara bulan Oktober dan November. Selain itu, proses memanennya juga membutuhkan banyak tenaga dan usaha. Hal itulah yang menyebabkan rempah ini memiliki harga yang fantastis. 

Saffron biasanya digunakan untuk menambah rasa serta warna pada makanan. Namun, ternyata dari segi medis, saffron yang dapat diolah menjadi seduhan ini, berperan penting dalam memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat dari mengonsumsi seduhan saffron bagi kesehatan tubuh? Dilansir dari laman Healthline, berikut ulasannya.

1. Antidepresan

Saffron dijuluki sebagai "sunshine spice". Karena memiliki bunga yang berwarna merah serta ada pula yang berwarna kuning. Rempah-rempah ini diyakini dapat memperbaiki suasana hati seseorang.

Pernyataan tersebut diperkuat dengan hasil penelitian dari Journal of Ethnopharmacology, yang menyatakan bahwa saffron memiliki tingkat keefektifan yang sama dengan obat fluoxetine (Prozac) dalam mengobati depresi ringan hingga sedang.

Tonton juga:

Selain itu, berdasarkan tinjauan penelitian dari Journal of Integrative Medicine juga ikut menemukan fakta bahwa saffron dapat memperbaiki tanda dan gejala pada orang dengan gangguan depresi mayor.

Dari kedua penelitian tersebut menunjukkan adanya suatu kemungkinan bahwa saffron dapat menjadi suatu rempah-rempah alternatif bagi orang-orang yang tidak dapat mentolerir obat antidepresan dengan baik.


2. Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian dari Indian Journal of Medical menunjukkan bahwa adanya kandungan antioksidan pada saffron mampu menjaga kesehatan jantung serta melindunginya dari penyakit kronis

3. Pengobatan PMS

Sindrom pramenstruasi (PMS) yang biasanya dialami oleh wanita, sering menyebabkan gejala, seperti : nyeri pada perut, perubahan suasana hati hingga ketidaknyamanan pada bagian tubuh lain.

Penelitian dari Journal of Psychosomatic Obstetrics & Gynecology menyatakan bahwa saffron dapat digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk mengatasi gejala saat PMS.

Selain itu, berdasarkan studi dari International Journal of Obstetrics & Gynaecology menyatakan bahwa saffron berperan dalam pengobatan gejala PMS pada wanita usia 20 hingga 45 tahun dengan mengonsumsi 15 mg safron sebanyak dua kali sehari agar efektif dalam meredakan gejala PMS.

4. Mencegah Kanker

Saffron kaya akan antioksidan flavonoid. Antioksidan ini dapat membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas pemicu kanker. Penelitian dari Journal of Traditional and Complementary Medicine menemukan bahwa susunan kimiawi saffron efektif dalam mencegah dan mengobati beberapa jenis kanker. 

Anda dapat mengonsumsi seduhan bunga saffron dengan mencampurkan 4 - 6 helai bunga saffron yang dicampurkan kedalam satu gelas air lalu diamkan sampai air tersebut berubah warna menjadi kekuningan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan madu sebagai penambah rasa. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Baca juga:

Lili Pantauli Resmi Mundur Dari Jabatan Wakil KPK


Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com

Saffron Bunga Kesehatan Tubuh Manfaat


Loading...