Biaya Masuk Taman Nasional Komodo NTT Sebesar Rp 3,75 juta per Orang ?

Biaya Masuk Taman Nasional Komodo NTT Sebesar Rp 3,75 juta per Orang ?
Gotravela Indonesia
Editor: Malda Life Style —Selasa, 12 Juli 2022 09:30 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah memberlakukan biaya kunjungan berwisata ke Taman Nasional (TN) Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 3,75 juta per orang selama setahun. 

Biaya itu hanya berlaku di Pulau Komodo, Pulau Padar, dan beberapa kawasan perairan sekitarnya atau untuk biaya keseluruhan konservasi destinasi tersebut.


Ikuti INSTAGRAM Kami :

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan, dirinya cukup yakin kebijakan tersebut banyak menarik wisatawan yang akan menghargai upaya konservasi dan ikut membangun destinasi-destinasi lain di NTT.

"Ini untuk menjadi destinasi unggulan," ujarnya saat Weekly Press Briefing yang dipantau secara virtual, Jakarta, Senin, 12 Juli 2022.

Ia mengatakan, pemerintah fokus mengembangkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan yang bakal memberikan manfaat dari segi ekonomi maupun segi pelestarian lingkungan.

Pihaknya, kata Sandi, bersama Pemerintah Provinsi NTT, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan Balai TN Komodo melakukan berbagai upaya untuk memberikan solusi pengembangan pariwisata dan konservasi di TN Komodo.

Salah satunya, tegas ia, pembatasan kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo dan Pulau Padar sebesar 200 ribu orang per tahun mengingat sebelumnya kedatangan wisatawan ke destinasi tersebut mencapai 300-400 ribu orang per tahun sehingga memberikan dampak negatif terhadap keberlangsungan ekosistem di kawasan itu.

Tonton dan SBSCRIBE Juga :

Berdasarkan kajian daya dukung serta daya tampung berbasis jasa ekosistem dan keutuhan konservasi di TN Komodo, didapati rekomendasi untuk memberlakukan biaya konservasi sekaligus keharusan adanya pembatasan pengunjung. (Tantrum/Suara.com)

Baca Juga :

Taman Nasional Komodo NTT Harga Masuk TN komodo Menparekraf Sandiaga Uno


Loading...