Jangan Itu-itu Saja, Berikut 10 Cara Mengolah Daging Kurban Sapi Maupun Kamibing

Jangan Itu-itu Saja, Berikut 10 Cara Mengolah Daging Kurban Sapi Maupun Kamibing
RCTI+
Editor: Malda Life Style —Senin, 11 Juli 2022 09:04 WIB

Terasjabar.id - Menyembelih hewan kurban di Hari Raya Iduladha merupakan salah satu ibadah sunah yang dapat dilakukan oleh umat Islam. Ibadah kurban dilakukan pada Hari Raya Iduladha dan hari tasyrik (11-13 Dzulhijjah).

Hewan kurban yang telah disembelih dagingnya dibagikan kepada orang berhak. Bersyukurlah jika kamu salah satu orang yang mendapatkan daging kurban tahun ini.

Buat kamu yang mendapatkan daging kurban, jangan bingung mau diolah seperti apa. Dalam artikel ini akan diulas berbagai olahan daging kurban baik kambing maupun sapi yang dikutip dari berbagai sumber.
Ikuti INSTAGRAM Kami :





View this post on Instagram

A post shared by Teras Jabar (@terasjabar.id)


1. Satai Kambing

Sudah tidak asing lagi kalau daging kambing kurban dibuat satai. Ini salah satu olahan praktis yang dapat kamu lakukan bersama keluarga atau kolega. 

Kamu hanya perlu daging kambing secukupnya, lalu dipotong kecil-kecil. Kemudian potongan kecil daging ditusuk dan dibakar. Jangan lupa beri bumbu biar rasanya semakin maknyus.

2. Tongseng Kambing

Bosan dengan satai? Kamu bisa menyulap daging kurban jadi tongseng kambing, lho. Ini salah satu olahan daging kurban yang bisa jadi inspirasi kamu. Daging kambing yang telah dipotong ditambah dengan kol, tomat, dan kuah yang sudah dibumbui akan menggoyah lidahmu.

3. Gulai Kambing

Rekomendasi olahan daging kurban lain adalah gulai kambing. Gulai kambing salah satu masakan favorit keluarga, terutama bagi penyuka daging kambing. 

Selain daging kambing, kamu bisa menyiapkan bahan lainnya seperti daun jeruk, kecap, minyak goreng, air asam jawa, santan dan bumbu-bumbu halus yang menyedapkan rasa. Kemudian bahan-bahan tersebut diolah hingga menjadi gulai kambing yang siap disantap.

4. Sup Kaki Kambing

Biasanya kaki kambing jarang ada yang mau olah. Padahal kalau pandai mengolahnya, kaki kambing hasil kurban bisa dijadikan sup (sup kaki kambing). Para penikmat sup jangan sampai terlewat dengan olahan masakan ini. Sup kaki kambing bisa disantap selagi hangat bersama nasi. 

5. Kari Kambing

Kari kambing adalah masakan yang populer dalam sajian Asia Tenggara dan Indo-Karibia. Jika mendapat daging kambing kurban, kamu bisa mengolahnya menjadi kari kambing. Sajian kambing berkuah yang ditambah rempah-rempah sangat cocok dinikmati di momen Iduladha.

6. Satai Sapi

Apabila kamu kebagian daging sapi, kamu bisa mengolahnya menjadi satai. Ya, daging kurban yang dibuat satai memang populer. Sebagian orang menganggap satai sapi adalah makanan wajib ada di momen Iduladha.

Tonton dan SUBSCRIBE Juga :

7. Semur Sapi

Selain satai, daging sapi juga dapat diolah menjadi semur. Semur sapi merupakan salah satu masakan favorit di Indonesia. 

Sekilas, semur memang mirip rendang, tapi sebenarnya beda. Semur daging lebih berkuah. Bumbunya juga tidak sepekat rendang. Masakan ini cocok jadi menu makan bersama keluarga.

8. Rendang Sapi

Rendang adalah salah satu masakan khas Minang dari daging sapi yang sudah melegenda di Tanah Air. Masakan ini bisa jadi inspirasi saat kamu kebingungan mengolah daging kurban. 

Kamu perlu menyiapkan daging sapi dan dimasak agar empuk, lalu ditambah bumbu-bumbu yang membuat masakan rendang jadi maknyus

9. Dendeng Sapi

Ingin daging sapi kurban awet? Jika iya, kamu bisa membuatnya menjadi dendeng. Dendeng bisa bertahan hingga dua bulan. 

Hal yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan daging sapi dan merebusnya supaya sampai empuk, lalu dipotong tipis. 

Kemudian ditambah bumbu mau manis atau asam. Setelah itu, daging sapi dikeringkan dengan dengan cara dijemur. Sampai langkah ini, kamu sudah berhasil membuat dendeng dari daging sapi. Tinggal digoreng lalu disantap dengan nasi.


Baca Juga :


10. Tongseng Daging Sapi

Tidak hanya daging kambing, daging sapi juga bisa diolah menjadi tongseng. Ini bisa jadi inspirasi olahan daging kurban tahun ini. 

Bagi penikmat daging sapi, tongseng daging sapi yang telah dibumbui dan ditambah rempah-rempah tentu saja akan menggugah selera.


(Liputan6.com)

Daging Kurban Olahan Daging Kurban Sapi kambing Gulai Sate Tongseng


Loading...