Korem 062/Tn Menunaikan Shalat Idul Adha 1443 H dan Menyembelih Hewan Kurban

Korem 062/Tn Menunaikan Shalat Idul Adha 1443 H dan Menyembelih Hewan Kurban
Editor: Jajang Teras Garut —Minggu, 10 Juli 2022 15:51 WIB

KOTA KULON, (terasjabar.id).- Mengusung tema "Idul Adha 1443 H/2022 M, Menumbuhkan Kepedulian Sosial", jajaran Korem 062/Tn bersama warga sekitar melakukan Shalat Idul Adha, dan sekaligus pemotongan hewan kurban di Makorem 062/Tn, Jl. Bratayudha No. 65, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (10/07/2022).

Dikutip dari Penrem 062/Tn, bertindak selaku imam sekaligus khotib, Wakil Ketua Ponpes Al-Musadaddiyah, Ustadz H. Iwan Muhammad Ridwan, S.Pd.I., dengan diikuti sekira 2.000 jemaah, diantaranya, Danrem 062/Tn Kolonel Czi Irfan Siddiq, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 062 Febrihania Irfan Siddiq, Kasrem 062/Tn Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon, S.I.P., para Kasi, Pasi, Wakil Ketua Persit KCK Koorcabrem 062 beserta pengurus, Kabalak Jajaran Korem 062/Tn, anggota prajurit dan PNS Korem 062/Tn.

Dalam ceramahnya Ustadz H. Iwan mengupas Surat Ash-Shaffat dengan mengisahkan awal mula kurban. Menurutnya, kurban yang diterima adalah kurban Habil bukan Qabil, itu pun bukan daging atau darah yang Allah terima, namun ketulusan hati dan ketakwaan dari si pemberi kurban.

"Ibadah kurban tahunan yang umat Islam laksanakan adalah bentuk i'tibar atau pengambilan pelajaran dari kisah tersebut," ucap Ustadz H. Iwan.

Setidaknya ada tiga pesan yang bisa kita tarik dari kisah tentang Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail serta ritual penyembelihan hewan kurban secara umum, yaitu totalitas kepatuhan kepada Allah SWT., kemuliaan manusia, dan hakikat pengorbanan.

"Sedekah daging hewan kurban hanyalah simbol dari makna korban yang sejatinya sangat luas, meliputi pengorbanan dalam wujud harta benda, tenaga, pikiran, waktu, dan lain sebagainya. Pengorbanan merupakan manifestasi dari kesadaran kita sebagai makhluk sosial," terangnya.

Usai pelaksanaan shalat Idul Adha, Danrem 062/Tn Kolonel Inf Irfan Siddiq menyerahkan hewan kurban kepada panitia yaitu Kasipers Korem 062/Tn Letkol Caj Sutarmin, dan Korem 062/Tn menerima titipan hewan kurban sebanyak 5 ekor sapi dan 5 ekor damba. ***Jajang Sukmana

Idul Adha 1443 H


Loading...