Berikut 5 Bahan Alami untuk Mengawetkan Daging, Semoga Bermanfaat!

Berikut 5 Bahan Alami untuk Mengawetkan Daging, Semoga Bermanfaat!
Ilustrasi (Tribun Pontianak : Google)
Editor: Epenz Life Style —Sabtu, 9 Juli 2022 09:56 WIB

Terasjabar.id -- Sebagian umat Muslim di Indonesia Rayakan hari raya Idul Adha Hari ini, Sabtu (9/7/2022).

Sebagian lagi akan melaksanakan pada hari Minggu (10/7/2022).

Hal ini karena adanya perbedaan penetapan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443H.

semua mendapatkan banyak daging kurban, kan? Untuk kalian yang punya banyak waktu, kalian bisa berkreasi memasak daging tersebut menjadi berbagai masakan daging seperti rendang atau sate, pasti yummy.

Akan tetapi, kalau kalian sedang sibuk dan tidak sempat memasak, kalian bisa mencoba mengawetkan daging kurban dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat seperti di bawah ini. Yuk, disimak dan dipraktikkan.

1. Garam

Pengawetan dengan garam bisa dibilang cukup mudah dan sering dilakukan banyak orang. Caranya juga cukup sederhana, yaitu kalian tinggal mengiris daging tipis-tipis kurang lebih setebal satu sampai dua centimeter, lalu lumuri daging dengan garam. Setelah itu, jemur daging sampai benar-benar kering.

2. Lengkuas  

Pengawetan dengan lengkuas agak lebih ribet jika dibanding dengan garam. Kalian perlu mencuci bersih lengkuas sampai bersih. Setelah itu, iris lengkuas hingga menjadi potongan kecil-kecil lalu haluskan. Kalian bisa menumbuknya dengan ulekan atau bisa juga dengan diblender. Setelah itu lumuri daging dengan lengkuas yang sudah halus dan selanjutnya kalian tinggal menjemur daging hingga kering.

3. Jeruk Nipis

Pengawetan dengan jeruk nipis akan menghasilkan daging yang asam. Caranya adalah belah jeruk nipis menjadi enam atau empat bagian, lalu peraslah agar air jeruk nipis melumuri daging tersebut. Setelah itu tinggal kalian jemur hingga kering.

Kalau ingin lebih mudah lagi, kalian bisa memakai cuka sebagai pengganti jeruk nipis. Seperti dengan jeruk nipis, kalian juga tinggal mengiris daging tipis-tipis lalu meneteskan cuka ke atas daging. Lalu daging tinggal dijemur.

4. Lada

Langkah pengawetan dengan lada yang pertama adalah cuci bersih lada lalu haluskan dengan ditumbuk atau diblender. Atau kalau ingin lebih mudah, kalian bisa menggunakan lada bubuk agar lebih simpel. Setelah lada sudah halus, kalian tinggal melumuri daging dengan lada. Tidak perlu banyak-banyak karena lada sedikit saja sudah memberikan cita rasa yang kuat.

5. Cabai

Pengawetan dengan cabai tentu saja menghasilkan daging bercita rasa pedas. Langkahnya hampir sama seperti dengan lada, kalian tinggal mencuci bersih cabai, setelah itu haluskan cabai. Lumuri cabai dengan cabai yang sudah halus. Kalian juga bisa melumuri dengan cabai bubuk. Setelah itu jemur daging hingga kering.

Kelima cara pengawetan di atas merupakan cara pengawetan yang alami dan memberikan cita rasa sedap sesuai dengan bahan yang kalian gunakan. Daging yang kalian awetkan dengan bahan-bahan di atas akan tahan hingga berminggu-minggu asal dijemur sampai benar-benar kering. Saat proses pengeringan, jangan lupa untuk mengangkat jemuran daging supaya daging kalian tidak terkena udara malam yang dingin. Selamat mencoba.

Disadur dari Suara.com dan Yoursay.id 

Hewan Kurban Hari Raya Idul Adha Daging Kurban


Loading...