Berikut Tata Cara Sholat Idul Adha di Rumah Beserta Niat dan Doa Sesudahnya

Berikut Tata Cara Sholat Idul Adha di Rumah Beserta Niat dan Doa Sesudahnya
Ilustrasi (Pikiran Rakyat.com : Google)
Editor: Epenz Life Style —Jumat, 8 Juli 2022 11:14 WIB

Terasjabar.id - Berencana hendak melaksanakan sholat Idul Adha di rumah? Pastikan Anda telah  memahami hukum, tata cara, hingga bacaan niat dan doa setelah sholat terlebih dahulu.

Waktu pelaksanaan sholat Idul Adha dimulai setelah terbit matahari dan diutamakan ketika masuk waktu Dhuha sampai sebelum masuk waktu Dhuhur. Dalam pelaksanaan dan tata cara sholat Idul Adha di rumah, sebenarnya tetap sama seperti yang disyariatkan, hanya dibedakan saja pada niatnya. 

Hukum sholat Idul Adha adalah sholat sunnah dua rakaat yang dianjurkan untuk dikerjakan umat Islam ketika hari raya ini tiba. Sebelum melaksanakan sholat juga disunnahkan untuk memperbanyak bacaan takbir, tasbih, dan tahmid. 

Ikuti INSTAGRAM Kami :



Tata Cara Sholat Idul Adha di Rumah

Inilah tata cara yang bisa dilaksanakan saat melakukan sholat Idul Adha sendiri di rumah, seperti yang dikutip dari laman resmi NU.

Pada Rakaat Pertama

1. Membaca niat sholat Idul Adha sendiri (munfarid): "Ushalli sunnatan li Idil Adha rak‘atayni mustaqbilal qiblati lillahi ta‘ala", yang artinya: “Aku berniat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah SWT".

2. Membaca takbiratul ihram.

3. Membaca takbir sebanyak 7 kali. Ketika jeda antara takbir, membaca bacaan berikut: "Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar, wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil azhim".

4. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan membaca surah pendek Al-Quran.

5. Melakukan rukuk dengan thuma’ninah. 

6. Membaca tasbih rukuk sebanyak 3 kali.

7. Lalu i‘tidal dengan thuma’ninah.

8. Membaca doa i'tidal. 

9. Melakukan sujud dengan thuma’ninah.

10. Membaca tasbih sujud sebanyak 3 kali.

11. Duduk di antara dua sujud dengan thuma’ninah.

12. Membaca doa duduk di antara dua sujud.

13. Melakukan sujud dengan thuma’ninah.

14. Membaca tasbih sujud sebanyak 3 kali.

15. Duduk istirahat sejenak (selama bacaan subhanallah) sebelum bangun untuk melaksanakan rakaat yang kedua.

Tonton dan SUBSCRIBE Juga :

Pada Rakaat Kedua 

Membaca takbir sebanyak 5 kali sebelum membaca Surat Al-Fatihah,  diselipi dzikir yang dibaca saat jeda antara takbir: "Subhanallah, walhamdulillâh, wala ilaha illallah, wallahu akbar, wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil azhim". Dilanjutkan dengan urutan seperti pada rakaat pertama hingga membaca tasyahud akhir dan salam. 

Doa Setelah Sholat Idul Adha

Adapun bacaan doa setelah sholat Idul Adha di rumah adalah sebagai berikut:

1. Membaca istighfar sebanyak 3 kali. 

2. Membaca doa keselamatan. 

3. Kalimat tauhid. 

4. Doa tolak balak

"Allahummadfa' 'annal ghalaa'a wal balaa'a wabaa'a wal fahsyaa'a wal munkara was suyuufal mukhtalifata wasy syadaa'ida wal mihana maadhahara minhaa wa maabaathana min balaadinaa haadhaaa khaassatan wa min buldaanil muslimiina aammatan. Innaka 'alaa kulli syai'in qadiir."

Artinya: "Ya Allah Tuhan kami, hindarkanlah kami dari malapetaka, bala dan bencana, kekejian dan kemunkaran, sengketa uang beraneka, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan tersembunyi dalam negara kami khususnya, dan dalam negara kaum muslimin umumnya. Sesungguhnya Engkau Ya Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu".

Baca Juga :

Doa tolak bala yang dibaca setelah sholat Idul Adha ini dilafalkan sebagai bentuk permintaan perlindungan kepada Allah SWT untuk dijauhkan dari berbagai marabahaya. 

Itulah ulasan lengkap mengenai sholat Idul Adha sendiri di rumah yang perlu Anda ketahui.


Disadur dari Suara.com 

Idul Adha 2022 Sholat Niat dan Doa


Loading...