DAFTAR Gunung yang Dikenal Angker di Jawa Barat ! Ada Didaerah Kaiian Kah ?

DAFTAR Gunung yang Dikenal Angker di Jawa Barat ! Ada Didaerah Kaiian Kah ?
Gunung Ciremai/ SIPSDA - Pemerintah Kabupaten Kuningan
Editor: Malda Hot News —Kamis, 7 Juli 2022 11:59 WIB

Terasjabar.id – Mungkin kamu sering mendengar bahwa ada beberapa gunung paling angker di Jawa Barat. Gunung memang tidak bisa terlepas dari kisah mistis di dalamnya dan bahkan hampir semua gunung selalu saja menyimpan kejadian misterius. Tidak jarang para pendaki gunung mendapatkan hal-hal ganjil tentang makhluk gaib penghuni gunung.  Setiap gunung, terutama yang berada di Jawa Barat mempunyai kisah mistis berbeda yang dapat membuat bulu kuduk merinding. Masyarakat sekitar bahkan sering mengingatkan para pendaki terkait dengan mitos atau pandangan yang harus dipatuhi para pendaki. Nah, berikut ulasan tentang gunung paling angker di Jawa Barat yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Ikuti INSTAGRAM Kami :




1. Gunung Burangrang


Gunung Burangrang merupakan salah satu gunung berapi tidak aktif yang berada di kawasan Cisarua, Lembang, Bandung. Gunung yang mempunyai ketinggian mencapai 2050 mdpl ini merupakan sisa hasil letusan Gunung Sunda di zaman dahulu. Sebab itu, Gunung Burangrang dikenal juga dengan sebutan sebagai Gunung Purba. 

Gunung ini mempunyai kisah mistis yang cukup membuat bulu kuduk merinding. Beberapa pendaki mengatakan pernah mengalami kejadian mistis yang mana ketika mereka mendaki sering mendengar suara aneh seperti raungan binatang buas dan suara orang memanggil dari arah kejauhan. 

Selain itu, para pendaki juga kerap melihat sosok wanita memakai baju putih dengan rambut panjang yang terbang dari satu pohon ke pohon lain. Menurut mitos yang beredar, para pendaki dilarang berteriak sembarangan di gunung paling angker di Jawa Barat itu. Mereka juga dilarang mengucapkan kata “tersesat” atau “nyasar.”

2. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang terletak di tiga wilayah yaitu Cirebon, Kuningan, dan Majalengka dengan ketinggian mencapai 3078 mdpl. Walaupun mempunyai pesona dan daya tarik dengan keindahan alamnya, gunung paling angker di Jawa Barat ini juga menyimpan kisah mistis yang kerap dialami para pendaki. 

Salah satunya seorang kakek berbaju putih yang ada di batu lingga, sebuah batu besar yang dulunya dijadikan tempat bertapa kakek dari Sunan Gunung Jati. Selain itu, ada pula mitos tentang Nyi Linggih dengan dua macan tutul. Menurut ceritanya, dia adalah salah satu orang yang pernah bertapa di batu lingga. 

Tonton dan SUBSCRIBE Juga :


4. Gunung Salak 

Gunung Salak yang berada di kawasan Bogor dan Sukabumi ini juga dikenal sebagai salah satu gunung paling angker di Jawa Barat. Gunung yang mempunyai ketinggian mencapai 2211 mdpl ini menyimpan berbagai kisah miteri dari mulai pendaki hilang sampai meninggal. Gunung ini juga menjadi lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Super Z100 yang menewaskan 45 orang.

 Banyak cerita beredar di masyarakat tentang keangkeran Gunung Salak yang berasal dari pendaki dan masyarakat setempat. Seperti kehadiran nenek rentang usia 80 tahun yang tinggal di pinggir tebing sampai jeritan wanita yang meminta tolong di sekitar lokasi jatuhnya pesawat. 

5. Gunung Galunggung

Gunung berapi yang berada di Tasikmalaya ini mempunyai ketinggian mencapai 2167 mdpl. Untuk bisa mencapai puncak Gunung Galunggung, dibangun tangga yang mempunyai 620 anak tangga. Walaupun mempunyai daya tarik karena keindahan alamnya, tapi Galunggung juga menyimpan kisah kelam yang banyak ditakuti. 

Baca Juga :

Gunung paling angker di Jawa Barat ini adalah sebuah pusat berkumpulnya makhluk gaib yang terdapat di Tanah Sunda. Pada masa kerajaan dulu, Gunung Galunggung adalah tempat yang paling disucikan. Menurut mitos yang beredar, di gunung ini ada raja kera gaib raksasa yang mempunyai kekuatan mistis. 

(Viva.co.id) 

Gunung Galunggung Daftar Gunung paling angker gung seram di jawa barat


Loading...