Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah, Dilaksanakan pada 2 Hari Sebelum Hari Raya Idul Adha 2022

Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah, Dilaksanakan pada 2 Hari Sebelum Hari Raya Idul Adha 2022
Editor: Epenz Life Style —Rabu, 6 Juli 2022 15:57 WIB

Terasjabar.id - Puasa Tarwiyah dan Arafah merupakan amalan sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan sebelum Hari Raya Idul Adha.

Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada 8 Dzulhijjah dan puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, kemudian Idul Adha jatuh pada 10 Dzulhijjah.

Niat Puasa Tarwiyah

Dikutip dari banjarmasinpost.co.id, niat puasa sunnah pada tanggal 8 Dzulhijjah atau hari Tarwiyyah yakni:

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta‘ala.

Artinya: "Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta’ala."


Niat Puasa Arafah

Dikutip dari buku Panduan Lengkap Ibadah Muslimah karya Ust M Syukron Maksum, berikut niat puasa Arafah yang dilaksanakan tanggal 9 Dzulhijjah.

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu Shouma Arofah Sunnatan Lillahi Ta'aala

Artinya: "Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta'ala".

Jadwal Puasa Tarwiyah dan Arafah

Wakil Dekan 3 Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Ponorogo, Dr Iswahyudi M Ag mengatakan umat muslim dapat melaksanakan puasa pada tanggal 1-9 Dzulhijjah.

"Nanti dipilah-pilah, ada misalnya tanggal 1-7 itu puasa awal Dzulhijjah, tanggal 8 Dzulhijjah menurut sebagian ulama namanya puasa Tarwiyah, dan tanggal 9 namanya puasa Arafah," terangnya dalam acara OASE Tribunnews.com beberapa waktu lalu.

Pemerintah menetapkan 1 Dzulhijjah 1443H jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022, sehingga hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443H jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022.

Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah 1443H dapat dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Juli 2022.

Kemudian puasa Arafah 9 Dzulhijjah 1443H dapat dilaksakan pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Sementara bagi masyarakat yang memperingati Hari Raya Idul Adha pada Sabtu, 9 Juli 2022, puasa Tarwiyah dapat dilaksanakan pada hari Kamis, 7 Juli 2022 dan puasa Arafah pada Jumat, 8 Juli 2022.


Keutamaan Puasa Arafah

Kembali dikutip dari buku Panduan Lengkap Ibadah Muslimah, jika dianalogikan, puasa Arafah seakan-akan sebagai ganti bagi orang yang belum bisa melaksanakan ibadah haji ke Baitullah.

Puasa ini dikecualikan bagi jamaah haji karena sedang mengerjakan rukun-rukun dan serangkaian amal dalam menunaikan ibadah haji.

Puasa Arafah dapat menebus disa tahun lalu dan akan datang.

Dari Uqbah bin Amir bahwa Rasulullah bersabda: Hari Arafah, hari Qurban, dan hari Tasyriq adalah hari raya kita penganut Islam, dan hari-hari itu adalah hari makan dan minum." (diriwayatkan oleh yang berlima kecuali Ibnu Majah dan dinyatakan sah oleh Turmudzi).

(Tribunnews.com/Fajar)(Banjarmasinpost.co.id/Mariana)



Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah, Dilaksanakan pada 2 Hari Sebelum Hari Raya Idul Adha 2022, https://www.tribunnews.com/lifestyle/2022/07/06/niat-puasa-tarwiyah-dan-arafah-dilaksanakan-pada-2-hari-sebelum-hari-raya-idul-adha-2022?page=all.
Penulis: Arif Fajar Nasucha
Editor: Daryono

Puasa Tarwiyah Arafah Idul Adha Niat


Loading...