Dr Eng Hary : Indonesia Targetkan 600 Ribu Talenta Digital Setiap Tahun

Dr Eng Hary : Indonesia Targetkan 600 Ribu Talenta Digital Setiap Tahun
Editor: Malda Teras Kuningan —Sabtu, 2 Juli 2022 13:18 WIB

Terasjabar.id - Dalam menghadapi Transformasi Digital Nasional, Indonesia setiap tahunnya mentargetkan 600 ribu Talenta Digital. Target itu terus diupayakan diberb6agai lini kehidupan. Intensifikasi transformasi digital berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan akan talenta digital yang akan menjadi navigator utama penggerak ekosistem digital.

Hal itu disampaikan Dr. Eng. Hary Budianto M.Kom, IPM, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Saat mensosialisasikan Program Digital Talent Scholarship (DTS) Kementrian Komunikasi dan Informatika, di Command Center Setda Kuningan, Jumat (7/1/2022).

Dr. Eng. Hary Budianto memaparkan, ada enam arah strategis kerangka Pelaksanaan Tranformasi Digital Nasional, yaitu membangun infrastruktur digital dan konektivitas yang inklusif, aman dan andal dengan layanan berkualitas tinggi. Meningkatkan kapabilitas disekitar prioritas untuk memperkuat daya saing geogstrategis dan mendorong pertumbuhan yang berkualitas. Membangun budaya digital dan memberdayakan Rakyat Indonesia dalam mengembangkan dunia digital.

Gambar

Selain itu, mengubah Indonesia dari konsumen menjadi produsen teknologi melalui investasi di berbgai platform, yang memiliki nilai kepentingan strategis nasional. Membangun lembaga pemerintahan digital yang terbuka dan terintegrasi, untuk meningkatkan pelayanan publik, dan harmonisasi regulasi dan meningkatkan pendanaan untuk memajukan inovasi.

Penyiapan Digital Indonesia 2022-2024, sambung Harry Budianto, dilakukan pendekatan pengembangan SDM Bidang Digital dengan mengadakan program DLA-Digital Leadership Academy dengan target praktisi dan pendidikan formal sebanyak 550 peserta, Digital Talent Scholarship dengan target pekerja level teknis dan professional mahasiswa dan SMK sebanyak 80.000 peserta dan Literasi Digital –Digital Skill-Non Sertifikai target masyarakat umum target 100.000 peserta kewirausaan dan kebutuhan khusus.

(H. Aboy)

Dr Eng Hary Indoenesia talenta digital Ekosistem Kuningan


Loading...