Ikan Red Devil Memiliki Warna Menarik, Diburu Oleh Para Kolektor Ikan Hias

Ikan Red Devil Memiliki Warna Menarik, Diburu Oleh Para Kolektor Ikan Hias
Mengenal ikan red devil yang muncul di Danau Toba dan diburu kolektor (Foto: The Aquarium Guide)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 1 Juli 2022 15:27 WIB

Terasjabar.id Ikan Red Devil atau yang biasa disebut ikan iblis merah merupakan ikan yang memiliki warna menarik.

Kini banyak diburu oleh para kolektor ikan hias untuk dipelihara dalam akuariun.

Dirangkum dari berbagai sumber, ikan ini punya nama ilmiah Amphilophus labiatus, di mana merupakan ikan cichlid besar yang habitat aslinya berada di Danau Managua dan Danau Nikaragua, Amerika Tengah.

Ikan ini, juga dikenal dengan nama lain seperti cichlid iblis merah yang masih satu keluarga dengan jenis cichlid lainnya dan punya ikatan erat dengan Amphilophus citrinellus.

Ikan Red Devil sendiri, memiliki warna yang bervariasi, mulai dari abu-abu hingga hijauh keabu-abuan, beberapa spesimen diketahui berwarna merah mudah, merah atauh putih pun ada.

Pigmentasi hitam di bintik-bintik pada tubuhnya sangat umum ditemukan. Beberapa spesimen memiliki bibir yang besar, meskipun kondisi ini dianggap terkair dengan pilihan makanan di habitat aslinya.

Red Devil ini, merupakan ikan predator dengan sifat yang agrsif. Sehingga, memiliki gigi tajam dan rahang yang kuat. Artinya, tidak bisa sembarang ikan disatukan olehnya di akuarium atau bakal jadi mangsa.

Di Indonesia, spesies ini dikenal sebagai ikan hias akuarium. Tetapi, keberadaannya menjadi masalah besar di Danau Toba, sebab mengancam spesies endemik di sana.

Oleh karena itu, Red Devil adalah ikan spesied invasif karena dilepas ke alam liar, terutama di danau Jawa, Sulawesi, dan Papua.


Disadur dari Okezone.com 



Ikan Red Devil Warna Menarik Kolektor Danau Managua Danau Nikaragua


Loading...