PNM Gelar Pembinaan Pelatihan dan Edukasi Usaha Untuk Masyarakat Prasejahtera Non Bank

PNM Gelar Pembinaan Pelatihan dan Edukasi Usaha Untuk Masyarakat Prasejahtera Non Bank
Editor: Epenz Hot News —Senin, 27 Juni 2022 13:40 WIB

Purwakarta, Terasjabar.id -- Gelar Pembinaan pelatihan dan edukasi secara rutin dibidang permodalan dan usaha, PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Purwakarta - Subang untuk nasabahnya yang sebelumnya mengajak ibu - ibu prasejahtera non Bank, untuk mengikuti seminar sosialisasi perijinan berusaha berbasis Resiko pada jumat lalu di hotel Grand Situ Buleud Jalan Siliwangi Kabupaten Purwakarta.

Adapun narasumber yang dilibatkan yakni Perwakilan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM), Dinas Penanaman modal dan perijinan terpadu satu pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purwakarta yang di ikuti ratusan nasabah yang merupakan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari Kabupaten Purwakarta.

Gambar

Menurut Pimpinan PNM cabang Purwakarta - Subang Jimmy Firmansyah "tidak sedikit pelaku usaha yang belum mengantongi izin usaha. Padahal keberadaan izin usaha ini sangat penting karena dapat menunjang kelancaran para pelaku usaha."(25/6)

"Kondisi seperti ini menjadi salah satu alasan PNM untuk menggelar pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Purwakarta,"

"Sosialisasi tersebut bagian dari salah satu tugas PNM selain memberikan pinjaman modal juga perlu memberikan penyadaran dan ikut memberikan pendampingan terhadap para pelaku PKU bagi UMKM, yang diharapkan bisa lebih meningkatkan kesadaran serta kesejahteraan pelaku UMKM," ungkap jimi

Selanjutnya dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya memiliki izin usaha, Setelah pelaku usaha memiliki izin kegiatan dan produk usahanya, PNM akan mendorong untuk meningkatkan usahanya.

"Saat ini pasar untuk menjual berbagai produk cukup luas, termasuk bisa menjual produk secara daring dan bekerja sama dengan aplikasi yang membantu dalam pemasaran dan penjualan produk sehingga peluang bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya lebih terbuka lebar," jelas Jimmy.

Gambar

Selain itu setelah program ini selesai, pihaknya akan mendorong nasabah untuk naik kelas, seperti salah satu halnya bisa berjualan secara online.

"Program berikutnya kita dorong nasabah untuk naik kelas, seperti berdagang secara online. Setelah mereka mendapatkan nomor usaha mereka bisa masuk ke mini market, seperti para pelaku usaha makanan, warungan, kelontongan dan pelaku usaha mikro lainnya.

Dalam penjelasannya dari ratusan peserta yang mengikuti pelatihan, ternyata baru ada dua nasabah yang sudah dalam proses pembuatan izin usaha dan tak lama lagi akan mendapatkan nomor induk berusaha,"

Program PNM bertujuan Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar) di Kabupaten Purwakarta dan Subang yang memiliki tekad untuk mengembangkan usahanya diharapkan para peserta bisa mengenal tentang memiliki perizinan agar usahanya bisa berjalan lancar dan memberikan keuntungan lebih besar karena usahanya legal.


(A H)

DPMPTSP PNM Purwakarta PLUT-KUMKM


Loading...