Pemerintah salurkan BLT ke 300 Buruh Tani Tembakau dan Masyarakat Pra Sejahtera

Pemerintah salurkan BLT ke 300 Buruh Tani Tembakau dan Masyarakat Pra Sejahtera
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 23 Juni 2022 10:29 WIB

Kuningan, Terasjabar.id -- Pemerintah Kabupaten Kuningan mendapatkan alokasi Dana Bagi hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 215/PMK.07/2021 Tentang Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi DBHCHT, penggunaan DBHCHT yang dialokasikan pada Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Bidang Hukum dan Bidang Kesehatan. Demikian disampaikan Bupati Acep Purnama pada kegiatan Sosialisasi Oenyaluran BLT bagi oetani buruh tani tembakau dan nasyarajat Pra Sejahtera, di Gedung Serbaguna desa Karanganyar Kec.Darma, Rabu (22/6/2022)

Alokasi DBHCHT pada bidang kesejahteraan masyarakat salah satunya berupa pemberian bantuan langsung (BLT) bagi buruh Tani Tembakau dan Anggota Masyarakat Pra Sejahtera Lainnya yang ditetapkan pemerintah.

Sosialisasi ini kata Acep, sebagai publikasi penyaluran BLT DBHCHT ini berlangsung transparan sebab disalurkan secara tunai melalui Bank BJB Cabang Kuningan dan tepat sasaran. Hal itu sesuai data penerima manfaat telah tertuang dalam Keputusan Bupati Kuningan Nomor: 40?KPTS.408-Dinsos/2022 Tentang Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Bagi Petani, Buruh Tani, Pengrajin Tembakau dan Masyarakat Prasejahtera lainnya di Kabupaten Kuningan.

Gambar

Diterangkan Bupati Acep, bahwa BLT DBHCHT Tahun 2022 salah satunya di peruntukan bagi 300 Petani Tembakau, Buruh Tani Tembakau dan Pengrajin Tembakau yang tersebar di 5 (Lima) Kecamatan dan 8 Desa di Kabupaten Kuningan.

BLT DBHCHT bagi Petani, Buruh Tani dan Pengrajin Tembakau tidak rutin setiap tahun ada, untuk itu saya selaku Bupati berharap, agar bantuan itu digunakan secara optimal dan digunakan untuk pengembangan modal usaha, sehingga bisa meningkatkan taraf hidup dan perekonomian keluargaā€¯ Pesan Bupati.

Sementara itu, Dr. Deni Hamdani, M.Si., Kadinsos Kuningan melalui Kabid Linjamsos Dinas Sosial Kuningan, Diki Muspala Sidik, S.Pd, M.Si mengatakan sosialisasi diikuti 300 peserta terdiri dari para Petani Tembakau, Buruh Tani Tembakau dan Pengrajin Tembakau. Tujuan sisialisasi sebagai informasi dan bentuk transparansi mengenai BLT DBHCHT yang akan disalurkan langsung kepada 300 Peserta Penerima Manfaat tersebut melalui BJB Cabang Kuningan.

Diki Muspala menambahkan, BLT DBHCHT bagi Petani Tembakau, Buruh Tani Tembakau dan Pengrajin Tembakau sejumlah 300 penerima manfaat, diharapkan dapat lebih meningkatkan usaha di sektor pertanian tembakau, terangnya. (H. Aboy)

DBHCHT BLT Buruh Tani Tembakau Pra Sejahtera


Loading...