DKM Al'Jihad Cigugur Tolak Hewan Sapi Kurban

DKM Al'Jihad Cigugur Tolak Hewan Sapi Kurban
Editor: Epenz Teras Kuningan —Rabu, 15 Juni 2022 14:53 WIB

Kuningan, Terasjabar.id -- Pengurus DKM Al' Jihad Kelurahan Cigugur kabupaten Kuningan menolak hewan Kurban Sapi manakala ada warga yang akan menunaikan kurban Sapi menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah atau yang disebut sebagai Hari Raya Kurban.

Hal itu dikatakan Ketua MUI kelurahan Cigugur kecamatan Cigugur, H. Uhandi, M.Pd, saat diwawancarai dirumahnya Rabu (15/6/2022), terkait berjangkitnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan Sapi yang melanda berbagai daerah termasuk di kabupaten Kuningan.

Sementara ketua DKM Al'Jihad Cigugur Apon Apandi, S.Pd, saat dikonfirmasi via telepon genggamnya, membenarkan bahwa DKM Al'Jihad tidak akan menerima hewan kurban Sapi terkait mewabahnya PMK di Kabupaten Kuningan.

Gambar

Penolakan itu kata Ustadz Apon, hasil musyawarah dan atas keputusan bersama pengurus DKM Al'Jihad, MUI kelurahan Camat dan Lurah Cigugur, terang Apon.
Namun demikian, kepada masyarakat yang akan menunaikan kurban hewan Sapi pihaknya mempersilahkan secara mandiri.
Tentunya mengikuti petunjuk teknis dari pemerintah terkait wabah PMK Sapi, imbuh Apon.

Sementara itu, hewan Sapi yang terpapar di kecamatan Cigugur sampai Minggu kemarin (12/6/2022) jumlahnya mencapai 1.000 ekor Sapi bahkan terus bertambah. Dari jumlah tersebut Sapi yang terserang wabah PMK diwilayah kecamatan Cigugur antara lain, di blok Cipari 250, Cigereung 512, Cigugur Pasir 3, Puncak 153, Cileleuy 22, Gunungkeling 11. Bahkan di Cigugur tercatat 25 ekor Sapi mati.


Berdasarkan fatwa dari Majlis Ulama Indonesia (MUI) nomor 32 Tahun 2022 dan pernyataan Abdurahman, bahwa PMK pada hewan Sapi aman dan Sah dikonsumsi asal kategori ringan. (H Aboy)

DKM Al'Jihad Cigugur Hewan Kurban Sapi Kurban Kuningan


Loading...