Kuningan Memberlakukan Pengetatan Lockdown Transaksi Sapi

Kuningan Memberlakukan Pengetatan Lockdown Transaksi Sapi
Editor: Epenz Teras Kuningan —Rabu, 15 Juni 2022 09:59 WIB

Kuningan, Terasjabar.id -- Dalam upaya mengantisifasi menjamurnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan Sapi, pihak Dinas Peternakan kabupaten Kuningan melakukan pengetatan "Lockdown" transaksi ternak se-Kabupaten Kuningan.

Hal itu dikatakan Assda II Setda Kuningan DR Ukas Suharpaputra selepas koordinasi dengan Komisi II DPRD bersama Dinas Peternakan kabupaten Kuningan, diruang rapat kantor Dinas Peternakan setempat, Selasa (14/6/2922).


Pengetatan Lockdown secara Totally No flow in, untuk mengantisifasi merebaknya PMK yang saat ini sudah mencapai 12.000 diantaranya di kabarkan 64 ekor Sapi mati. Data tersebut berdasarkan info dari Dinas Peternakan.

Kepala Dinas Peternakan&Perikanan Kab. Kuningan Drs H Dadi Haryadi, M.Si, saat dikonfirmasi mengatakan, menindaklanjuti hadil pertemuan berssma Assda II Setda dan Komidi II DPRD, pihak pemerintah daerah akan menyediakan tambahan sarana penanganan PMK, khususnya vaksin; serta meningkatkan kemampuan mandiri peternak mengatasi PMK via sosialisasi pembuatan vaksin herbal murah.


Selain itu, mengadakan sosialisasi pelurusan informasi salah terkait produk susu dan daging terinfeksi PMK dengan memobilisasi peran serta non pemerintah dalam penanganan PMK, baik itu Baznas, CSR swasta, dll, paparnya.


Selanjutnya sebagai upaya penanganan dan menekan lajunya wabah PMK, perlu membentuk grup/forum komunikasi untuk memantau bersama penanggulangan PMK pungkasnya. (H. Aboy)

Kuningan Lockdown Transaksi Sapi Dinas Peternakan


Loading...