Kebaikan Eril yang Baru Diketahui, Disebut Kakak Baik oleh Anak Panti

Kebaikan Eril yang Baru Diketahui, Disebut Kakak Baik oleh Anak Panti
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin -- Anak Panti Asuhan Roudatul Amanah saat menggelar doa bersama untuk Eril.
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 15 Juni 2022 08:57 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah kebaikan yang pernah dilakukan Emmeril Kahn Mumtadz terungkap.

Anak Ridwan Kamil tersebut ternyata memiliki jejak kebaikan yang tak banyak diketahui orang.

Kini setelah Eril tiada, kebaikannya mulai terungkap.

Sosok Eril sangat dikenang oleh anak-anak di panti asuhan Roudotul Amanah di Kampung Cibungur, Desa Batujajar Timur, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Eril oleh mereka disebut Kakak Baik.

Ini bermula saat hari terakhir puasa pada Ramadan tahun 2019.

Hari itu menjadi momen tak terlupakan bagi 30 anak panti asuhan Roudotul Amanah.

Kala itu, anak panti asuhan dari pelosok pedesaan ini bertolak ke pusat Kota Bandung dan untuk pertama kalinya mereka menginjakkan kaki, masuk mal mewah setelah diundang Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Saat masuk ke dalam area mal, mereka begitu senang bukan kepalang, karena kedatangannya disambut oleh keluarga orang nomor satu di Jawa Barat, termasuk putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Bahkan, puluhan anak-anak panti itu diizinkan untuk mengambil baju lebaran di pertokoan mewah semaunya. Tak ada rasa sungkan, mereka langsung berkeliling mencari baju yang diinginkan sambil didampingi anggota keluarga Ridwan Kamil.

"Dulu diajak ke mal. Waktu itu dibeliin satu kemeja, sama dua kaos dan satu bola tendang sama Kakak Baik (Eril)," ujar Muhamad Raihan Mauludin (12) anak panti asuhan Roudhatul Amanah di Batujajar, Senin (13/6/2022).

Dalam kegiatan berbagi dengan anak panti asuhan itu, Eril menjadi anggota keluarga Ridwan Kamil yang paling bersemangat memilihkan dan menyuruh mereka untuk mencoba baju yang diinginkan.

Kini kebersamaan paling menyenangkan bagi anak-anak panti asuhan dengan Eril ini hanyalah tinggal kenangan, tapi jejak kebaikannya masih begitu melekat diingatan mereka, bahkan baju yang dibelikan Eril masih disimpan dengan baik.

Raihan masih ingat jelas bagaimana Eril mendampinginya dan memilihkan baju untuknya.

Saat itu, Eril dengan kelembutan hatinya, terus menemani Raihan berkeliling mal dan membelikan apa saja yang dia diinginkannya. 

"Bajunya sampai sekarang masih disimpan. Masih bersih kayak baru. Ini kenang-kenangan dari Kakak Naik (Eril) yang saya punya," kata Raihan.

Imas Masitoh (46), pengasuh panti asuhan, menjadi saksi betapa sayangnya Eril kepada anak-anak yatim piatu waktu itu.

Bahkan, saat itu, Eril tidak memberi tahu kepada anak-anak bahwa dia seorang anak gubernur.

"Yang anak-anak sebut Kakak Baik itu, saya baru tahu kemarin, beliau ternyata putra dari bapak Gubernur yang kena musibah," kata Imas. 

Saat itu, Imas dan anak panti asuhan hanya mengetahui, bahwa Eril hanyalah seorang staf gubernur karena kepribadian Eril terlihat sangat sederhana dan tidak neko-neko.

"Saya kira yang disebut 'Kakak Baik' oleh anak-anak itu hanya staf Gubernur biasa. Gak tahunya dia adalah Eril, dia malah mentraktir anak-anak pakai uangnya sendiri," ucapnya.

Setelah mengetahui bahwa Eril adalah anak gubernur, Imas pun benar-benar merasakan jiwa sosialnya yang tinggi dari dirinya. Hal ini, dibuktikan Eril saat bulan Ramadan tahun 2019 lalu.

"Dia suka bagi-bagi kalau punya rezeki. Apalagi kalau ke anak yatim. Anak-anak di panti ini menjadi saksi benih kebaikan beliau," ujar Imas.

Belajar dari Eril

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang Herman Suryatman menyebut Emmeril Kahn Mumtadz punya spirit yang bisa menjadi ispirasi bagi anak muda kiwari. 

Emmeril atau Eril adalah putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Aare, Swiss.

Jenazahnya yang ditemukan setelah 14 hari pencarian dan dimakamkan hari ini, Senin (13/6/2022) di Cimaung, Kabupaten Bandung. 

Herman yang telah bertakziah dan medengarkan langsung kisah tentang Eril dari Gubernur menilai bahwa Eril sepatutnya menjadi ispirasi. 

"Gubernur menyampaikan kebaikan-kebaikan ananda Eril baru diketahui belakangan setelah musibah ini, tentu itu membuat beliau bangga sebagai orang tua," kata Herman kepada TribunJabar.id.  

Dia mengatakan dalam usia muda, tidak ada alasan untuk tidak berbuat baik.

Tidak ada alasan untuk tidak berbakti kepada orang tua. 

"Spirit transformasi anak muda, bukan alasan untuk tidak berbakti dan tidak peduli, dan itu menjadi contoh terbaik," katanya.

Di dalam sebuah video yang diterima TribunJabar.id, ada percakapan Gubernur dengan sejumlah pejabat, di antaranya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Dudung Abdurachman dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, tentang Eril

Gubernur mengatakan bahwa hari ini Eril dimakamkan dengan kelegaan hati keluarga dan rasa bahagia. 

"Hari ini saya makamkan dengan kelegaan hati dan rasa bahagia, anak ini menginspirasi banyak orang,"

"Saya baru tahu kebaikannya sekarang. Ada yang pernah sakit Covid-19 ngasih tahu, katanya Pak dulu saya ditolong Eril, diberikan APD dan sebagainya," 

"Anaknya satpam kemudian cerita bahwa Eril sering menemui pemulung sambil membawa makanan dan lain-lain," kata Ridwan Kamil. 



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Kebaikan Eril yang Baru Diketahui, Disebut Kakak Baik oleh Anak Panti, Disangka Staf Gubernur, https://jabar.tribunnews.com/2022/06/15/kebaikan-eril-yang-baru-diketahui-disebut-kakak-baik-oleh-anak-panti-disangka-staf-gubernur?page=all.

Almarhum Emmeril Kahn Mumtadz Batujajar KB Panti Asuhan Kebaikan


Loading...