Kasus Covid-19 Sudah Melandai, PTM 100 Persen di Bandung Barat Bakal Digelar Pekan Depan

Kasus Covid-19 Sudah Melandai, PTM 100 Persen di Bandung Barat Bakal Digelar Pekan Depan
Ilustrasi (iNews.id : Google)
Editor: Epenz Teras KBB —Jumat, 27 Mei 2022 15:30 WIB

Terasjabar.id - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen untuk semua tingkatan sekolah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dipastikan bakal mulai dilaksanakan pada pekan depan.
Kebijakan tersebut diterapkan karena saat ini kasus Covid-19 di Bandung Barat sudah melandai, apalagi sejauh ini tidak ditemukan adanya kasus baru yang muncul di lingkungan sekolah selama PTM terbatas 50 persen.


Kepala Dinas Pendidikan KBB, Asep Dendih, mengatakan, terkait kebijakan ini, pihaknya telah menginstruksikan kepada pihak sekolah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama PTM 100 persen tersebut diterapkan.


"PTM 100 persen digelar mulai pekan depan, kebijakan itu sudah dibahas dalam rapat dengan semua pihak termasuk Satgas Covid-19," ujarnya di Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Jumat (27/5/2022).


Selama PTM 100 persen ini diterapkan, kata dia, semua siswa dan pengajar tetap memakai masker karena pelonggaran tidak menggunakan masker itu hanya di luar ruangan saja.


"Oleh karena itu siswa tetap menjalankan prokes di dalam kelas. Penggunaan masker tetap dilakukan, terutama saat berada di dalam ruangan. Bukan hanya murid, guru-guru juga," kata Asep.


Sementara untuk kantin sekolah, kata Asep, masih belum diizinkan untuk beroperasi, sehingga semua siswa dianjurkan membawa bekal makanan dari rumahnya masing-masing.


Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan untuk kebaikan bersama agar proses PTM 100 persen di Bandung Barat berjalan aman dan tidak sampai muncul adanya klaster baru di lingkungan sekolah.

"Ini tentunya menjadi uji coba juga, ketika PTM 100 persen berjalan aman, maka akan dilanjutkan," ucapnya.


Ia mengatakan, jika hasil uji coba tersebut dinilai berhasil dan tidak sampai ada kasus Covid-19 baru, maka pada tahun ajaran baru, sudah tidak ada keraguan lagi untuk melaksanakan sekolah secara normal seperti semula. (*)



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul PTM 100 Persen di Bandung Barat Bakal Digelar Pekan Depan, Siswa dan Guru Harus Terapkan Hal Ini, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/27/ptm-100-persen-di-bandung-barat-bakal-digelar-pekan-depan-siswa-dan-guru-harus-terapkan-hal-ini.
Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Darajat Arianto

PTM KBB Pandemi Covid-19


Loading...