Anggota DPRD Raden Tedi Dorong Pemprov Jabar Tingkatkan SDM Desa, Begini Alasannya

Anggota DPRD Raden Tedi Dorong Pemprov Jabar Tingkatkan SDM Desa, Begini Alasannya
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Raden Tedi ST. (IST)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 24 Mei 2022 15:43 WIB

Terasjabar.id - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Raden Tedi ST meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus meningkatkan pembangunan di semua desa.

Hal ini seiring dengan semangat pemerintah dalam memberikan perhatian lebih kepada kawasan desa.

"Di antaranya, kita butuh untuk mengedukasi kepala desa karena pasti latar belakang pendidikan kepala desa ini berbeda. Ada yang mungkin dulu pendidikannya sarjana, ada yang memang pengusaha, ada yang memang dari organisasi masyarakat," kata Raden Tedi, Selasa (24/5/2022).

Dia mengatakan, dengan latar belakang pendidikan yang tidak sama inilah, pemerintah harus turun tangan untuk membina para kepala desa.

Dengan demikian, semua kepala desa di Jabar akan membangun desanya secara maksimal, sesuai yang diharapkan masyarakat.

"Mereka kepala desa pada dasarnya adalah dipilih oleh masyarakat secara langsung, karena tingkat kepercayaan dan tingkat kesukaan dari masyarakat kepada calon itu memang tinggi. Kita sebagai pemerintah pun harus membina para kepala desa ini," katanya.

Anggota Komisi I dari daerah pemilihan Kabupaten Subang, Majalengka, dan Sumedang ini mengatakan, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemerintah Provinsi Jabar harus terus meningkatkan kualitas program Desa Mandiri.

Dengan program ini, berbagai desa di Jawa Barat didorong untuk semakin maju dalam berbagai bidang, terutama perekonomian.

"Kita kuatkan Desa Mandiri. Bagaimana caranya, ada Desa Digital, supaya untuk semua pengurusan administrasi atau keperluan masyarakat lainnya itu dilakukan secara digital dan mudah," tuturnya.

Program lain yang sering luput dari perhatian pemerintah, katanya, adalah program pembangunan batas desa. Dengan batas desa ini, setiap desa akan menjadi terarah dan terfokus, juga menjadi kebanggaan bagi masyarakatnya.

"Saat ini kita membutuhkan batas desa yaitu untuk pembangunan yang akan berkelanjutan. Sehingga dengan ini kita tahu batas-batasnya, sesuai masing-masing fungsinya untuk pembangunan nantinya disesuaikan dengan rencana tata ruang wilayah se-Jawa Barat dan pembangunan Jawa Barat," kata Tedi. (*)



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Raden Tedi Dorong Pemprov Jabar Tingkatkan SDM Desa, Begini Alasannya, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/24/raden-tedi-dorong-pemprov-jabar-tingkatkan-sdm-desa-begini-alasannya.
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Giri

Anggota DPRD Provinsi Jabar Raden tedi ST Desa Pembangunan


Loading...