2 Gudang Pabrik di Kawasan Industri Primaterra Bojongsoang Bandung, Sempat Ada Ledakan

2 Gudang Pabrik di Kawasan Industri Primaterra Bojongsoang Bandung, Sempat Ada Ledakan
Tribun Jabar/ Deanza Falevi -- Diskar Kabupaten Bandung sedang melakukan pendinginan di gudang penyimpanan buku milik PT Duta yang terbakar hebat, Kamis (19/5/2022).
Editor: Epenz Teras Bandung —Kamis, 19 Mei 2022 12:55 WIB

Terasjabar.id - Kebakaran hebat melanda dua gudang pabrik di Kawasan Industri Primaterra, Kelurahan Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Kamis (19/5/2022) sekitar pukul 05.30 WIB.

Kebakaran tersebut menimpa gudang penyimpanan bahan kimia milik PT Aimtopindo dan gudang penyimpanan buku milik PT Duta. Sempat terjadi ledakan kencang yang terdengar oleh warga Bojongsoang.

"Ada ledakan beberapa kali, terus tidak lama terlihat api yang berkobar di salah satu gudang di kawasan industri," ujar Saheed, salah satu petugas keaman di Kawasan Industri Primaterra.

Sementara itu, Kasi Rescue Dinas Kebakaran (Diskar) Kabupaten Bandung, Miftah mengatakan kebakaran diduga berasal dari bahan kimia yang ada di gudang milik PT Aimtopindo.

"Karena disana banyak bahan kimia yang mudah terbakar seperti asam sitrat, hcl, zeolit dan bahan kimia lainnya. Sedangkan di gudang penyimpanan buku sendiri tidak ada barang yang dapat menyebabkan kebakaran," ucap Miftah kepada Tribunjabar.id, Kamis (19/5/2022).

Miftah mengatakan, pihaknya mengerahkan enam unit kendaraan dan 30 personil untuk memadamkan kebakaran tersebut.

"Kami menerima laporan sekitar pukul 05.45 WIB, lalu tiba dalam waktu sekitar 20 menit, kami pun langsung memadamkan api yang supaya tidak merembet ke pabrik roti yang tepat berada disebelah gudang buku," ucapnya.

Kepala Gudang Buku PT Duta, Teddy mengaku dirugikan dari kebakaran tersebut, karena seluruh buku yang harus di distribusikan ke sekolah-sekolah hangus terbakar semuanya.



"Buku yang harusnya di distribusikan tahun ini hangsus semua, barang-barang lainnya seperti komputer dan ac juga ikut terbakar," ucap Teddy.

Sedangkan dari pihak PT Aimtopindo, Hilman Hilmawan selaku Manajer Penelitan dan Pengembangan mengatakan, kebakaran ini harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Bahan kimia kami sendiri tujuannya untuk pengelolaan limbah, memang mudah terbakar, namun itu semua harus ada penyebabnya, jadi kami akan melakukan penelitian lebih lanjut," ucap Hilman.

Berdasarkan pantauan Tribunjabar.id dilokasi, gudang milik PT Duta hangus terbakar secara keseluruhan, sedangkan gudang milik PT Aimtopindo ada lubang besar dan tembok hancur dibagian belakang gudang.(*)



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Kebakaran Hebat di Bojongsoang Bandung Pagi Tadi, 2 Gudang Penyimpanan Terbakar, Sempat Ada Ledakan, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/19/kebakaran-hebat-di-bojongsoang-bandung-pagi-tadi-2-gudang-penyimpanan-terbakar-sempat-ada-ledakan.
Penulis: Deanza Falevi | Editor: Seli Andina Miranti

Kebakaran Hebat Bojongsoang Kabupaten Bandung Gudang Pabrik


Loading...