Serius Tangani Penyebaran PMK, Khawatir Ganggu Pasokan Daging Jelang Idul Adha

Serius Tangani Penyebaran PMK, Khawatir Ganggu Pasokan Daging Jelang Idul Adha
(Katakini.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 18 Mei 2022 15:30 WIB

Terasjabar.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Puan Maharani mengingatkan kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan permasalahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak yang bermunculan di sejumlah daerah.

“Kami berharap pemerintah serius untuk menangani PMK pada hewan ternak yang kini telah bermunculan di sejumlah daerah, termasuk wilayah sentra hewan ternak,” jelas Puan Maharani dalam keterangan pers yang diterima, Rabu (18/5/2022).

Lebih lanjut, Puan mengatakan, apabila permasalahan PMK tidak segera diselesaikan, ia khawatir dapat berdampak terhadap rantai pasokan daging, terlebih saat menghadapi Idul Adha.

“Kita juga harus bisa memastikan stok hewan ternak untuk keperluan kurban pada hari raya Idul Adha tahun ini aman walaupun PMK tengah merebak. Peternak akan terpuruk dan pastinya mengganggu rantai pasok daging yang ujungnya nanti berpengaruh kepada masyarakat,” ujar Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu juga meminta pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda) untuk memperhatikan kegelisahan dan melakukan antisipasi kepada para peternak yang daerahnya belum ada penyebaran PMK.

“Meski presentase kematian terhadap hewan ternak akibat PMK tidak terlalu tinggi, akan tetapi apabila tidak diatasi dengan optimal akan membuat harga ternak jatuh dan mempengaruhi pasokan daging,” kata Puan.

Walaupun meresahkan, mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) meminta peternak untuk tidak khawatir berlebihan. Ia meminta para peternak agar selalu melakukan pengawasan terhadap hewan-hewan ternak yang dimiliki.

“PMK ini bisa diobati. Segera isolasi ternak yang positif PMK dan obati. Jangan dipindahkan sampai benar-benar sembuh agar tidak menularkan ke ternak lainnya. Lakukan terus koordinasi dengan dinas terkait agar penelusuran dapat segera dilakukan ke daerah sekitar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Puan menyatakan bahwa kebijakan pembatasan lalu lintas serta karantina ketat terhadap ternak untuk penghentian penyebaran PMK malah membuat mendapat keluhan dari para peternak.

“Banyak peternak yang mengeluhkan ternaknya tidak bisa dibongkar di beberapa wilayah yang merebak PMK. Ini harus menjadi perhatian khusus karena semakin lama hewan tertahan di kapal, akan berdampak pada kesehatan dan kualitasnya,” katanya.

Oleh karena itu, Puan meminta pemerintah untuk mendengarkan aspirasi peternak. Mereka meminta pemerintah tidak menjadikan merebaknya PMK sebagai alasan untuk  mengimpor sapi dan tetap memprioritaskan pasokan ternak dari dalam negeri.

“Sosialisasi pencegahan penyakit ini harus semakin digencarkan agar tidak ada alasan mengimpor sapi dari luar,” ungkapnya.

Puan menegaskan DPR akan terus memantau dan terlibat langsung dalam penanganan PMK. Ia menilai kerja sama yang baik antar stakeholder dapat segera mengakhiri penyebaran penyakit pada hewan ternak.

“Alat kelengkapan DPR RI terkait agar bersama dengan pemerintah segera mengambil langkah antisipasi yang dapat menindaklanjuti berbagai dampak akibat PMK, termasuk dalam pengantisipasian Idul Adha,” katanya.

“Harus dibuat prosedur yang baik dan sesuai, khususnya dalam distribusi hewan ternak saat Idul Adha nanti,” jelasnya.



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Khawatir Ganggu Pasokan Daging Jelang Idul Adha, Puan Minta Pemerintah Serius Tangani Penyebaran PMK, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/18/khawatir-ganggu-pasokan-daging-jelang-idul-adha-puan-minta-pemerintah-serius-tangani-penyebaran-pmk.
Penulis: And | Editor: MGWR

Ketua DPR RI Penyebaran PMK Puan Maharani Idul Adha Daging


Loading...