Pelonggaran Mengenakan Masker Pengaruhi Peserta UTBK-SBMPTN di Unpad, Panitia Tetap Mewajibkan Ini Saat Ujian

Pelonggaran Mengenakan Masker Pengaruhi Peserta UTBK-SBMPTN di Unpad, Panitia Tetap Mewajibkan Ini Saat Ujian
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA -- Suasana hari kedua pelaksanaan UTBK-SBMPTN di Universitas Padjadjaran (Unpad) kampus Jatinangor, Sumedang, Rabu (18/5/2022).
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 18 Mei 2022 15:23 WIB

Terasjabar.id - Pelonggaran mengenakan masker yang diumumkan Presiden Joko Widodo sedikit banyak berpengaruh kepada peserta UTBK-SBMPTN di Universitas Padjadjaran (Unpad). 


Inu Isnaini Sidiq, Koordinator Pelaksana UTBK-SBMPTN Unpad mengatakan ada peserta dalam jumlah yang sangat sedikit datang dengan mengabaikan protokol kesehatan. 


"Masker tetap wajib dipakai karena ruang ujian adalah ruangan tertutup," kata Inu saat ditemui TribunJabar.id, di Unpad Kampus Jatinangor, Sumedang, Rabu (18/5/2022). 


Kelonggaran untuk melepas masker hanya berlaku di area terbuka dan dengan jarak antar orang yang tidak rapat. 


"Enggak ada perubahan, tetap di dalam ruangan untuk panitia maupun peserta masker dipakai," katanya. 


Kejadian di hari kedua UTBK-SBMPTN di Unpad hari ini, ada tiga orang peseta yang datang tanpa sebelumnya melakukan vaksinasi Covid-19.

Mereka juga tidak membawa hasil swab antigen atau PCR sebagamana tertera dalam atura ujian. 


"Mereka karena datang lebih awal kami sarankan untuk vaksin dan swab terlebih dahulu karena ada gerai vaksin di dekat lokasi. Mereka tetap bisa mengikuti ujian. Mereka juga negatif Covid-19," katanya. 


Ketiganya adalah seorang warga Kabupaten Cianjur dan dua orang warga Kota Bandung. 


"Harus diingat oleh semua peserta bahwa meski telah ada pelonggaran, masker harus tetap dibawa dan dipakai saat ujian,"


"Peserta sedikit abai prokes, apakah dampak dari pengaruh informasi itu (pelonggaran)," katanya. 

Terlambat Karena Pecah Ban

Peserta UTBK-SBMPTN di Universitas Padjadjaran (Unpad) masih ada yang datang terlambat. Hari ini, Rabu (18/5/2022), seorang peserta asal Kiaracondong, Kota Bandung terlambat. 


Karena keterlambatannya melebihi batas toleransi, maka peserta tersebut tak bisa mengikuti ujian. 


"Peserta ini ujian di sesi pertama, yakni mulai pukul 06.45. Dia mengaku berangkat dari rumahnya pukul 06.00,"


"Namun, di perjalanan kendaraan yang dikemudikannya pecah ban, sehingga dia terlambat," kata Inu Isnaini Sidiq, Koordinator Pelaksana UTBK-SBMPTN Unpad saat ditemui TribunJabar.id, di Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang. 


Inu mengatakan, di hari kedua ini yang datang terlambat lebih sedikit dibandingkan dengan hari pertama, kemarin, Selasa (17/5/2022). Kemarin yang terlambat ada dua peserta. 


Peserta diimbau untuk memperhatikan risiko-risiko yang akan terjadi di dalam perjalanan sehingga bisa memutuskan untuk berangkat dari rumah lebih pagi. 


"Mohon silakan berangkat sepagi mungkin, diusahakan pukul 06.15 atau 06.30 WIB sudah ada di sekitar lokasi ujian," kata Inu.

(*)



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Pelonggaran Masker Pengaruhi Peserta UTBK-SBMPTN di Unpad, Panitia Tetap Wajibkan Ini Saat Ujian, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/18/pelonggaran-masker-pengaruhi-peserta-utbk-sbmptn-di-unpad-panitia-tetap-wajibkan-ini-saat-ujian?page=all.
Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto

UTBK SBMPTN Presiden Jokowi Unpad


Loading...