Krisis Lobster di Pangandaran, ''Baby Lobster ini Biarkan Tubuh Besar dan Berkembang''

Krisis Lobster di Pangandaran, ''Baby Lobster ini Biarkan Tubuh Besar dan Berkembang''
Tribun Jabar / Padna - Pernyataan sikap warga Pangandaran terkait perlindungan lobster yang digelar di Pantai Batu Hiu, Rabu (18/5/2022)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 18 Mei 2022 13:29 WIB

Terasjabar.id - Ribuan warga dari berbagai elemen di Pangandaran menyatakan sikap peduli lingkungan terkait baby lobster.

Pernyataan sikap digelar di Pantai Batu Hiu, Rabu (18/5/2022). Sekretaris koordinator aksi masyarakat peduli lingkungan Pangandaran, Fuad Husen menyampaikan, pihaknya ingin lobster di Pantai Pangandaran tetap lestari.

"Salah satunya, menyikapi tata kelola sumber daya laut. Dan ini, sebagai salah satu ikhtiar kita, agar lobster di laut Pangandaran ini tetap lestari," ujarnya saat ditemui di pantai Batu Hiu, Parigi, Rabu (18/5/2022) siang.

Massa menyatakan sikap bersama bukan nelayan saja, tapi seluruh elemen perwakilan masyarakat yang ada di Kabupaten Pangandaran.

"Karena kita tahu, saat ini di Pangandaran keberadaan lobster itu berkurang. Bahkan, kita ngambil lobster harus dari luar daerah. Seperti, dari aceh dan dari Papua. Untuk itu, saat ini kita satukan persepsi bersama, bahwa penangkapan baby lobster ini tidak menguntungkan, hanya sesaat saja," katanya.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata menyampaikan, bahwa 3,4,5 tahun yang lalu banyak turis asing datang ke Pangandaran.

"Di samping melihat alam yang indah, kita punya pantai Madasari sebagai surganya makan lobster," ujarnya. 

Tapi, hari ini untuk cari 5 kilogram saja susah. Padahal, Madasari dinikmati karena pantai indahnya juga adanya lobster yang masih fresh. 

"Disini, saya sebagai bupati, bagaimana menolong agar lingkungan ini terjaga dengan baik. Baby lobster ini, biarkan tumbuh dan berkembang, melalui seleksi alam di pantai Pangandaran. Sehingga, nanti, menjadi perairan yang subur," ucap Jeje.

Sebelumnya itu banyak orang luar yang menangkap baby lobster di Pangandaran.

"Saya lihat, banyak orang-orang luar yang nangkap kesini (Pangandaran). Kan, logika berpikir kita ngapain mereka kesini kalau misal di Garut, di Sukabumi sana banyak, kan? Artinya, kalau mereka kesini (Pangandaran) berarti disini lebih banyak, kan gitu. Karena, dulu (baby lobster) terpelihara dengan baik," ujarnya. *



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Krisis Lobster di Pangandaran, Cari 5 Kg Saja Susah, Bupati: Biarkan Baby Lobster Tumbuh!, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/18/krisis-lobster-di-pangandaran-cari-5-kg-saja-susah-bupati-biarkan-baby-lobster-tumbuh.
Penulis: Padna | Editor: Mega Nugraha

Baby Lobster Peduli Lingkungan Pangandaran Pantai Batu Hiu


Loading...