Perintah Kapolri, Polisi Turut Lakukan Pengawasan Wabah PMK di Jawa Barat

Perintah Kapolri, Polisi Turut Lakukan Pengawasan Wabah PMK di Jawa Barat
Tribun Jabar/ Nazmi Abdurrahman -- Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 13 Mei 2022 14:06 WIB

Terasjabar.id - Polda Jawa Barat turut melakukan pengawasan munculnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang mulai terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, sesuai atensi dari Kapolri yang menerbitkan Surat Telegram Nomor STR/395/OPS/2022 tertanggal 11 Mei 2022 kepada seluruh jajaran Polda, berisi arahan dalam rangka darurat penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak ruminansia.

Dalam surat telegram tersebut, jajaran kepolisian diminta untuk berkoordinasi dengan dinas peternakan terkait dengan pendataan penyebaran PMK dan upaya mencegah masuknya hewan ruminansia dari daerah yang dinyatakan wabah PMK sehingga dapat diminimalisasi penyebarannya.

"Kemungkinan ini dititikberatkan kepada Bhabinkamtibmas, nanti saya cek dulu, kira-kira mereka melakukan konsolidasi seperti apa di Jawa Barat, tanggung jawabnya memang melakukan pengecekan dan koordinasi terkait kegiatan pengawasan itu," ujar Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar, Jumat (13/5/2022).

Menurutnya, pengawasan bakal dilakukan di semua lini mulai dari peternakan sampai pengirimannya.

"Fokus ke seluruhnya, supply and demand (penawaran dan permintaan)-nya dicek. Atensinya dilakukan pengawasan di segala lini, termasuk dipengangkutannya," katanya.

Berdasarkan hasil sampel yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat bersama Tim Balai Veteriner di Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Banjar terdapat puluhan sapi yang positif PMK.

Di Leles, Garut terdapat 25 ekor sapi potong, 3 ekor sapi perah dan 5 ekor domba, di Tasikmalaya 18 sampel sapi dinyatakan positif PMK dan 11 ekor sapi di Kota Banjar dinyatakan positif 100 persen PMK.



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Perintah Kapolri, Polisi Turut Lakukan Pengawasan Wabah PMK di Jabar, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/13/perintah-kapolri-polisi-turut-lakukan-pengawasan-wabah-pmk-di-jabar.
Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: taufik ismail

Polda Jabar Wabah PMK Hewan Ternak supply and demand


Loading...