PREVIEW Pertandingan Timnas Indonesia VS Filipina, Garuda Muda Wajib Menang Jika Ingin ke Semifinal

PREVIEW Pertandingan Timnas Indonesia VS Filipina, Garuda Muda Wajib Menang Jika Ingin ke Semifinal
(Bola Okezone : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Jumat, 13 Mei 2022 09:06 WIB

Terasjabar.id - Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan akan menghadapi Filipina di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (13/5/2022) sore ini.

Setelah hanya berhasil meraih tiga poin dalam dua laga sebelumnya di penyisihan Grup A, tidak ada pilihan lain bagi Indonesia selain memenangkan pertandingan.

Raihan tiga poin akan menjaga asa Timnas Indonesia untuk bisa lolos ke babak semifinal.

Hingga Kamis (12/5/2022) sore Myanmar masih di puncak klasemen dengan 6 poin, diikuti Filipina dengan 4 poin, dan Vietnam yang juga mengumpulkan 4 poin.

Satu-satunya tim yang dipastikan telah tersingkir adalah Timor Leste yang belum mendapatkan poin setelah 3 pertandingan. 

Indonesia mungkin akan tergantung pada tim lain untuk bisa lolos babak semifinal.

Namun, pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan skuatnya hanya wajib memenangi dua laga terakhir Grup A SEA Games 2021 melawan Filipina dan Myanmar berapa pun skornya.

“Pemain harus memikirkan kemenangan. Kami tak terlalu mementingkan selisih gol,” ujar Shin, dikutip dari keterangan PSSI.

Kemenangan dalam dua laga terakhir melawan Filipina dan Myanmar, mutlak diperlukan demi menjaga peluang lolos ke babak semifinal.

Jika ada dua tim yang memiliki poin yang sama, maka posisi di klasemen ditentukan selisih gol.

Jika masih sama juga, maka agresivitas akan menjadi acuan dihitung dengan jumlah gol yang dibuat.

Namun, hal yang utama, kata Shin, adalah merebut tiga poin terlebih dahulu. Dia menginginkan semua pemainnya memperbaiki performa.

Shin Tae-yong mengatakan belum puas dengan performa pemainnya sekalipun pada laga kedua timnya menghajar Timor Leste dengan skor telak, 4-1.

“Kami harus bekerja keras meningkatkan performa. Kami akan mempersiapkan diri dengan baik untuk dua laga itu,” tutur Shin.

Tantangan yang dihadapi adalah sebelum laga ini, Indonesia tidak bisa diperkuat oleh  pemain sayap Saddil Ramdani yang harus kembali ke Malaysia untuk memperkuat Sabah FC.

Sedangkan Elkan Baggott pun tidak bisa dipastikan.

"Saddil akan berangkat ke Malaysia dan kembali ke SEA Games setelah jadwalnya di sana selesai. Untuk Elkan, saya belum bisa memastikan kapan dia sampai di Vietnam,” katanya.

Sejatinya, meski menang besar saat melawan Timor Leste, Garuda Muda masih belum menunjukkan permainan terbaiknya.

"Namun kondisi kami sedang naik dan semakin baik. Kami akan mempersiapkan pertandingan lawan Filipina dan Myanmar dengan baik,” ujar Shin Tae-yong. "Pastinya kita memikirkan kemenangan lawan Filipina dan Myanmar. Jadi tidak terlalu memikirkan selisih gol. Kami akan bekerja maksimal di setiap pertandingan. Performa pemain akan meningkat dari pertandingan ke pertandingan," tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Dikutip dari situs PSSI, menjelang laga ketiga ini, tim U-23 Indonesia menggelar latihan di lapangan Bai Bang, Phu Tho.

Marc Klok dan kawan-kawan diberi menu latihan sekitar 1,5 jam. Para pemain tampak terus bersemangat dan antusias melahap menu latihan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong.

"Kami hari ini latihan pemulihan kondisi setelah melawan Timor Leste untuk pemain yang full time bermain dan menit bermainnya banyak. Untuk pemain yang tidak main atau menit bermain sedikit, menjalani latihan seperti biasa. Kondisi pemain masih baik," kata Shin Tae-yong dikutip PSSI.org.

Namun, ada satu pertanyaan yang masih mengganjal dalam diri Shin Tae-yong, adalah mengapa Vietnam selaku tuan rumah SEA Games memberikan lapangan yang tidak standar untuk latihan timnas Indonesia.

"Saya tidak mengerti kenapa diberikan lapangan yang sekecil ini hari sebelum pertandingan. Sampai saat ini tidak mengerti juga, ya, ini turnament internasional. Sampai saat ini saya belum pernah dapat pengalaman seperti ini," kata Shin Tae-yong dalam sebuah cuplikan video yang menyoroti lapangan tempat latihan timnas Indonesia di akun Instagram shintaeyong7777.

Rabu lalu, skuat Indonesia juga sempat merayakan ulang tahun Shin Tae-yong yang ke-52 yang jatuh pada hari itu.

Shin Tae-yong bahkan sempat diguyur air mineral oleh para pemainnya di tempat latihan sebagai bentuk perayaan.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi bersama Garuda Muda dan Ofisial juga memberikan kejutan kue ulang tahun untuk pelatih kepala Tim U-23 Indonesia Shin Tae-yong.

"Karena masih turnamen SEA Games, traktirannya yang ringan-ringan saja. Para pemain minta ditraktir pizza dan durian. Saya suka durian, soalnya enak. Baunya memang agak aneh seperti itu. Tapi, setelah dimakan, ternyata enak juga," kata Shin Tae-yong. (tribun network/mba)



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul PREVIEW Timnas Indonesia Kontra Filipina, Garuda Muda Wajib Menang Jika Ingin ke Semifinal, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/13/preview-timnas-indonesia-kontra-filipina-garuda-muda-wajib-menang-jika-ingin-ke-semifinal?page=all.

Timnas Indonesia Semifinal SEA Games Filipina


Loading...