Tradisi Babarit Syukuran Panen Raya Di Jamberama

Tradisi Babarit Syukuran Panen Raya Di Jamberama
Editor: Epenz Teras Kuningan —Selasa, 10 Mei 2022 12:48 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Acara syukuran Pesta Panen (Babarit) di Dusun Surian Desa Jamberama Kecamatan Selajambe Kuningan dimeriahkan gelar seni Tradisional yang didukung para seniman desa setempat,Senin (9/5/2022).

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, saat menghadiri acara Syukuran Pesta Panen mengatakan, tradisi Babarit ini untuk mendukungj ketersediaan pangan dan meningkatkan perekonomian berbasis kerakyatan. Potensi pertanian di kabupaten Kuningan sambung Acep, ditunjukkan dengan pemanfaatan teknologi tepat guna, yang diterapkan para petani. Seperti penggunaan alat pertanian hingga pengembangan inovasi yang lebih efektif, hemat waktu, hemat biaya dengan hasil produktivitas yang tinggi.

Potensi pertanian ini agar dapat terus kita kembangkan, terutama generasi muda dengan berbagai inovasinya. Generasi muda harus bisa merubah mindset tentang pertanian dan petani, karena pertanian sebagai ujung tombak pembangunan & meningkatkan perekonomian berbasis kerakyatan," ungkapnya.

Bupati Acep sangat mengapresiasi panen raya ini. “Patut kita apresiasi bersama karena para petani di Desa ini, telah memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan produksi dan produktivitas pertanian di Kabupaten Kuningan. Bupati Acep meyakini kegiatan panen raya di Desa Jamberama ini, memiliki peran strategis dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan. dan pertumbuhan jumlah penduduk yang setiap saat terus meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jamberama menyatakan siap mensukseskan visi Kabupaten Kuningan MAJU. Dengan kehadiran Bupati menjadi semangat bagi kami untuk mengembangkan potensi di Desa Jamberama. (H Aboy)

Acara Syukuran Pesta Panen Babarit Jamberama Selajambe Kuningan Seni Tradisional Bupati Kuningan


Loading...