H. Ade Petruk :Tahun Depan 700 Domba se-Jabar Ikut Tampil Di Ajang Kontes Domba

H. Ade Petruk :Tahun Depan 700 Domba se-Jabar Ikut Tampil Di Ajang Kontes Domba
Editor: Epenz Teras Kuningan —Selasa, 10 Mei 2022 12:44 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Pesta Patok Silaturahim Budak Angon Desa Subang bekerjasama dengan Himpunan Peternak Domba-Kambing Indonesia (HPDKI) Kuningan menggelar Laga ketangkasan Domba di Desa Subang Kuningan, Sabtu (7/5/2022).

Ketua HPDKI Kuningan H Ade Petruk disela acara menjelaskan, seni kontes domba ini menampilkan gaya, postur, kelincahan kekuatan, dan lainnya dengan tujuan melestarikan Tradisi Seni Kontes Laga Domba. b Alhamdulillah untuk Kuningan termasuk Desa Subang dan desa Selajambe banyak yang diikut sertakan.

“Pelestarian Tradisi Seni Kontes Laga Domba menjadi daya tarik sebagai tontonan sekaligus meningkatnya nilai ekonomi bagi peternak. Jadi kalau domba dari Desa Subang atau Selajambe yang bagus, otomatis bisa naik harganya. Kami tegaskan bahwa dikontes laga domba, sama sekali tidak ada perjudian,” ungkapnya.

H. Ade Petruk optimis, tahun depan akan digelar lebih meriah lagi. Dirinya sanggup menghadirkan sekitar 700 domba se-Jawa barat.

Kontes Laga Domba ditandai pengukuhan pengurus PAC HPDKI Desa Subang, selaku ketuanya Ayi Zainul Hikayat. Hadir Juga Anggota DPRD, Unsur Muspika, Aparatur Desa dan ratusan masyarakat.

Gambar

Bupati Kuningan H. Acep Purnama mengatakan, HPDKI selalu konsisten "dina ngamumule tradisi seni, nyaeta ngamumule tradisi seni titinggal sesepuh urang sadaya dina kontes laga. Dalam pelestarian tradisi seni Kontes Laga Domba dapat dikembangkan juga menjadi peluang usaha "diantawisna lain sakur ngurus embe tapi juga kontes. Semoga melalui kegiatan ini akan menjadi ikhtiar untuk melestarian tradisi seni warisan, sekaligus bisa mengembangkan tarap perekonomian masyarakat. (H Aboy)

H. Ade Petruk HPDKI Kuningan Desa Subang Kuningan Domba Ajang Kontes Domba Jabar


Loading...