Alun-alun Kota Bandung VIRAL Jadi Lautan Sampah, Pemkot Langsung Melakukan Penutupan

Alun-alun Kota Bandung VIRAL Jadi Lautan Sampah, Pemkot Langsung Melakukan Penutupan
Tribun Jabar/Muhammad Nandri Prilatama -- ILustrasi Alun-alun Kota Bandung ditutup.
Editor: Epenz Teras Bandung —Jumat, 6 Mei 2022 13:45 WIB

Terasjabar.id - Taman Alun-alun Kota Bandung akhirnya ditutup Pemerintah Kota Bandung menyusul viralnya lautan sampah di Taman Alun-alun Kota Bandung di momen libur Lebaran 2022.

Tak hanya lautan sampah, di sana juga banyak wisatawan baik warga Kota Bandung atau luar Bandung yang menghabiskan waktu liburannya.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan penutupan Taman Alun-alun ini sebagai langkah antisipasi potensi terjadinya kerumunan massa, serta sampah yang menumpuk di momen libur lebaran.

"Mereka (dinas terkait) sudah kami perintahkan untuk berjaga-jaga dan mengingatkan ke para wisatawan untuk menjaga kebersihan Taman Alun-alun. Ya makanya ada penutupan berarti sudah kami beri teguran ke dinas terkait, jika tak ditegur pasti mereka akan cuek," kata Ema, Jumat (6/5/2022).

Ema pun meminta Satpol PP, DPKP3, DLHK, dan Dishub untuk berjaga-jaga di sekitaran Taman Alun-alun Bandung rutin sampai beberapa hari ke depan ketika taman tutup.

"Kami mengerti warga ingin liburan. Tapi, jika wisawatannya enggak mengerti akan menjaga kebersihan, ya, lebih baik ditutup saja. Lagipula kami enggak mau ada potensi kerumunan, karena kondisi Covid-19 di Bandung sudah membaik dengan positivy rate di angka 0,31 persen," ujarnya.

Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan pun sempat mendatangi Taman Alun-alun yang sempat viral akan lautan sampahnya. Selepas mudik ke kampung halamannya di Kuningan, Tedy pun melihat ke lokasi.

"Tadi sempat melihat ada petugas dari DLH dan DPKP3. Mereka kewalahan membersihkan sampah-sampah yang berserakan di setiap sudut hingga terkumpul tiga kali lipat sampahnya dari biasanya hanya satu kubik per hari," ujarnya.

Sebagai Ketua DPRD Kota Bandung, dia juga memberikan masukan ke Pemkot Bandung untuk menutup dahulu Taman Alun-alun Kota Bandung untuk memberikan waktu petugas membersihkan sampah-sampahnya.

"Ya, tentu kami beri masukkannya untuk ditutup selama tiga hari sekaligus memberikan edukasi ke publik bahwa kesadaran membuang sampah pada tempatnya itu penting. Dan kami mendorong ke DPKP3 untuk menyiapkan troly berjalan jika nantinya wisatawan ramai atau tegakkan perda jika ada yang membandel membuang sampah," katanya.



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Alun-alun Kota Bandung Viral Jadi Lautan Sampah, Pemkot Langsung Melakukan Penutupan, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/06/alun-alun-kota-bandung-viral-jadi-lautan-sampah-pemkot-langsung-melakukan-penutupan.
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama | Editor: taufik ismail

Taman Alun - Alun Kota Bandung Lautan Sampah Libur Lebaran 2022


Loading...