Arus Balik dari Objek Wisata Lembang ke Bandung Mulai Terjadi, Polisi Siapkan 200 Personel untuk Urai Kemacetan

Arus Balik dari Objek Wisata Lembang ke Bandung Mulai Terjadi, Polisi Siapkan 200 Personel untuk Urai Kemacetan
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin - Polisi saat menerapkan sistem one way dari arah Lembang menuju Bandung, Jumat (6/5/2022).
Editor: Epenz Teras Bandung —Jumat, 6 Mei 2022 13:21 WIB

Terasjabar.id - Arus balik lebaran tahun 2022 sudah mulai terjadi di kawasan objek wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), sehingga kendaraan dari arah Lembang menuju Kota Bandung mulai mendominasi, pada Jumat (6/5/2022).

Pantauan Tribun Jabar, kendaraan dari arah Lembang menuju Kota Bandung didominasi kendaraan roda empat dari luar daerah seperti Jakarta dan daerah lainnya, sehingga untuk melancarkan pergerakan pengendara pada arus balik ini, polisi menerapkan sistem one way.

Kapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan mengatakan, untuk melakukan pengamanan dan rekayasa arus lalu lintas selama momen arus balik pemudik maupun wisatawan ini, pihaknya sudah menyiapkan ratusan personel yang disiagakan di kawasan objek wisata Lembang.

"Kami sudah melakukan persiapan pengamanan arus balik, personel yang disiapkan kurang lebih 200 personel yang kami sebar dari mulai perbatasan Kota Bandung hingga Tangkuban Parahu," ujarnya saat ditemui di Lembang, Jumat (6/5/2022).

Imron mengatakan, puncak arus balik lebaran ini diprediksi akan terjadi pada Sabtu dan Minggu, tetapi pada Jumat ini pergerakan kendaraan pemudik maupun wisatawan yang akan melakukan arus balik sudah mulai banyak.

Atas hal tersebut, mulai Jumat ini pihaknya akan terus memperbanyak menerapkan sistem one way untuk antisipasi kemacetan, terutama dari arah Lembang menuju Kota Bandung, maupun dari arah sebaliknya.

"Untuk one way yang biasanya normal 4 berbanding 1 yang artinya 4 kali tarikan ke atas dari Kota Bandung, sekarang kita berlakukan lebih dari 10 kali bahkan sampai 20 kali," kata Imron.

Ia mengatakan, pada H+4 lebaran ini penerapan sistem one way masih lebih banyak diterapkan dari arah Kota Bandung menuju kawasan objek wisata Lembang karena hingga saat ini masih banyak wisatawan yang datang.

"Kemarin one way kita lakukan penarikan dari bawah ke atas sampai 20 kali, kemudian 10 kali tarikan ke bawah. Artinya kemarin lebih banyak ditarik ke atas dulu," ucapnya.

Sementara selama arus balik nanti, pihaknya mengimbau para pengendara untuk lebih bersabar dan jangan sampai emosi ketika polisi menerapkan sistem one way agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Kalau sudah merasa capek istirahat, harus tenang jangan mudah emosi menghadapi kemacetan," ujar Imron.



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Arus Balik dari Lembang ke Bandung Mulai Terjadi, Polisi Siapkan 200 Personel untuk Urai Kemacetan, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/06/arus-balik-dari-lembang-ke-bandung-mulai-terjadi-polisi-siapkan-200-personel-untuk-urai-kemacetan.
Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: taufik ismail

Lebaran 2022 Arus Balik Lembang Objek Wisata


Loading...