PASTIKAN STABILITAS HARGA KEBUTUHAN POKOK JELANG LEBARAN, PLT. WALI KOTA CIMAHI SIDAK PASAR TRADISIONAL DAN MODERN

PASTIKAN STABILITAS HARGA KEBUTUHAN POKOK JELANG LEBARAN, PLT. WALI KOTA CIMAHI SIDAK PASAR TRADISIONAL DAN MODERN
Editor: Epenz Teras Cimahi —Kamis, 28 April 2022 16:59 WIB

Cimahi, Terasjabar.id - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol. Inf. (Purn.) Ngatiyana beserta jajaran Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke pasar-pasar tradisional dan pasar modern di Kota Cimahi (28/4).

Lokasi pertama dilakukannya Sidak adalah Pasar Atas Baru. Ngatiyana beserta jajaran berkeliling untuk mengecek harga kebutuhan pokok jelang Lebaran. Terlihat beberapa kali Ngatiyana berhenti di lapak-lapak pedagang dan berbincang dengan para pedagang.

Usai melakukan sidak Plt. Wali Kota menyampaikan pada awak media bahwa terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran, “…Ada kenaikan harga, yang signifikan adalah harga daging sapi yang semula [Rp.] 140.000 naik menjadi [Rp.] 150.000 dan kemungkinan akan naik sampai [Rp.] 160.000. Ayam naik sekitar [Rp.] 4000, biasanya [Rp.] 34.000 sekarang [Rp.] 38.000,” ungkap Ngatiyana berdasarkan hasil sidaknya di Pasar Atas Baru.

Gambar

“Kalau beras alhamdulillah tidak ada kenaikan harga, tetap stabil. Telur naik sekitar [Rp.] 24.000 jadi [Rp.] 27.000,” tambah Ngatiyana.

Untuk harga bumbu-bumbu dapur, Ngatiyana mengungkapkan kenaikan harga hanya untuk cabai saja, sedangkan bumbu lain tidak mengalami kenaikan harga.

Ngatiyana mengungkapkan bahwa kenaikan harga ini terjadi karena meningkatnya permintaan pasar menjelang Hari Raya Idul Fitri sedangkan pasokan kebutuhan bahan pokok terbatas, namun demikian ia mengatakan bahwa kenaikan ini hanya bersifat sementara, “Kenaikan harga bahan pokok biasanya hanya sehari dua hari, setelah Lebaran harga kembali normal,” tambahnya.

Terkait masih adanya pedagang-pedagang yang menggelar lapak dagangannya di luar zona yang telah ditentukan Ngatiyana menyatakan memberi keringanan di Bulan Ramadhan dengan syarat tidak mengganggu ketertiban.

Gambar

Ngatiyana yang melanjutkan sidaknya ke pasar modern menemukan fakta bahwa kenaikan harga kebutuhan bahan pokok di pasar modern adalah pada harga telur, sedangkan harga beras dan daging masih stabil.

“Ada kenaikan harga telur dari [Rp.] 26.500 menjadi [Rp.] 28.000, sedangkan harga beras tidak mengalami kenaikan,” ungkap Ngatiyana.

Mengenai stok bahan kebutuhan pokok, Ngatiyana menjamin stoknya aman hingga Hari Raya Idul Fitri, “Stok beras aman,s tok minyak aman, hanya gula saja yang mengalami kendala, stoknya ada Insyaallah aman dalam satu dua hari akan datang kiriman sehingga stok dipastikan aman,” Ujar Ngatiyana menutup wawancaranya dengan awak media. (Bidang IKPS/Dy)

Hari Raya Idul Fitri 1443 H Wali Kota Cimahi Disdagkoperin Pasar Modern Pasar Tradisional Sidak


Loading...