Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional

Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional
Editor: Epenz Teras Kuningan —Rabu, 27 April 2022 09:10 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Bertempat di Halaman Setda Kabupaten Kuningan, Senin 26/04/2021, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH., bertindak sebagai Pembina Upacara, memimpin Apel Siaga dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana.

Dalam sambutannya Bupati Acep menyampaikan bahwa Tema utama Hari Kesiapsiagaan Bencana 2022 adalah 'Siap untuk Selamat'. Sementara itu, sub tema tahun ini “Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana”. Sebagai informasi, pemerintah melalui BNPB mencanangkan tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang diperingati setiap tahunnya.

Gambar

Tujuan Hari Kesiapsiagaan Bencana? Dikutip dari laman resmi BNPB, hari tersebut dimaksudkan untuk mengajak dan menyadarkan semua pihak termasuk masyarakat dalam melakukan latihan kesiapsiagaan bencana yang dilaksanakan secara serentak. Latihan secara serentak di seluruh Indonesia ini dilakukan pada satu hari dalam setahun yakni pada tanggal 26 April, sambungnya.

Lanjut Acep, diharapkan latihan pada Hari Kesiapsiagaan Bencana dapat meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana.

Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, membunyikan tanda secara serentak kentongan, sirine, dan lonceng pukul 10.00 waktu setempat adalah tanda dimulai latihan.

Gambar

“ Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para Kepala Daerah dan jajarannya atas kesungguhan dalam mendukung Hari Kesiapsiagaan Bencana dengan mengajak masyarakat meningkatkan kapasitas menghadapi bencana” Ungkapnya.

Apresiasi dan penghargaan juga secara khusus saya sampaikan kepada Kepala/Pimpinan (Kantor/organisasi/desa/kelurahan/dll) yang telah mengikuti simulasi evakuasi mandiri. Simulasi evakuasi ini sangat penting dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.


Karenanya, upaya pencegahan dan mitigasi harus terus menerus dilakukan. Lakukan 4 langkah dalam kesiapsiagaan bencana :

1. Kenali ancaman dan bencana disekitar kita

2. Kurangi resiko bencananya sesuai kemampuan kita

3. Tentukan tempat yang aman disekitar kita

4. Ajak seluruh keluarga melakukan evakuasi mandiri ke tempat aman.

H. Acep berharap, teruslah berlatih melalui latihan evakuasi mandiri, saya berharap masyarakat makin Tangguh dalam menghadapi bencana. Selain kesadaran masyarakat, saya minta ketegasan dari pimpinan atau kepala daerah dalam menghadapi situasi bencana.

Apel kesiapsiagaan bencana ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si , Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kuningan Indra Bayu Permana, S.STP , jajaran BPBD Kabupaten Kuningan dan para peserta Apel Siaga. (H. Aboy)

Apel Bupati Kuningan Bencana Nasional HKB BNPB Bencana Nasional


Loading...