Berikut Beberapa Fakta Edamame, Camilan Favorit di Jepang

Berikut Beberapa Fakta Edamame, Camilan Favorit di Jepang
Ilustrasi (Klikdokter : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Jumat, 22 April 2022 14:17 WIB

Terasjabar.id - Apakah kamu sering mendengar tentang Edamame? Edamame berasal dari bahasa Jepang. Eda artinya cabang dan mame berarti kacang. Sementara di Indonesia sendiri disebut kedelai Jepang.

Sayur ini juga seringkali ditemui di restoran Jepang sebagai pelengkap hidangan atau camilan. Akan tetapi, edamame juga sering ditemukan dalam masakan-masakan Asia Timur.

Edamame kaya akan nutrisi, protein, karbohidrat, vitamin A, B,C, dan K, folat, serta mineral. Oleh karena itu, Sayur Jepang ini terkenal akan efeknya untuk kesehatan.

Ketahui lima fakta edamame berikut ini.

1. Perbedaan Edamame dan Kacang Kedelai

Banyak yang menyebut edamame adalah kacang kedelai. Sekilas bentuknya memang mirip, tetapi ada sedikit perbedaan yang membuat dua kacang ini berbeda.

Edamame merupakan kacang kedelai yang dipanen saat masih muda dan hijau. Kacang kedelai muda ini harus direbus bersama kulitnya. Berbeda dengan kacang kedelai matang yang diolah setelah dikeluarkan dari kulit

2. Cita Rasa Edamame

Edamame memiliki tekstur lunak dan mudah dikunyah. Ia sering dikonsumsi sebagai camilan karena rasanya yang manis. Sebab, edamame dipanen sebelum benar-benar matang. Rasa polong edamame segar dan lembut saat dikonsumsi. Di sisi lain, polong edamame lebih besar dari kedelain Indonesia pada mumnya.

3. Surganya Edamame di Jember

Edamame tumbuh subur di China, Jepang, Thailand, Taiwan, dan Indonesia. Sayur ini sudah masuk di Indonesia sejak abad ke-17, dibawa oleh Jepang dan menanamnya di Lembang, Bandung. Namun, komoditi ekspor andalan saat ini adalah edamame dari Jember yang mendunia. Mengutip laman kemenkeu.go.id, permintaan edamame dari mancanegara sangat tinggi, terutama dari negara Jepang, Laos, dan Amerika.

Edamame asal Jember sangat digemari sebab memiliki karakteristik rasa dan bentuknya lebih baik daripada negara lainnya yang memproduksi serupa. Ekspor edamame di Jember telah melakukan pengiriman sebesar 21 ton ke pasar Jepang.

4. Pilihan Tepat untuk Diet

Edamame memiliki protein yang tinggi, di mana tubuh yang sedang diet membutuhkan asupan protein besar untuk menahan kenyang lebih lama. Selain itu, protein juga berguna untuk membangun otot.

Kacang-kacangan ini juga rendah kalori dan karbohidrat, tidak jarang jika kacang satu ini menjadi menu makanan sehat yang membantu menurunkan berat badan.

5. Baik untuk Kesehatan Tubuh

Edamame kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh sebab nutrisi yang dikandungnya. Edamame mampu membantu untuk menurunkan kolesterol, menyehatkan pencernaan, menurunkan risiko kanker, menyehatkan tulang, otak, serta aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Edamame juga memiliki kandungan folat yang bermanfaat untuk tubuh menghasilkan DNA. Mendapat asupan folat yang cukup dapat membantu menghindarkan dari stres berat.

Itu dia lima fakta khas edamame yang sangat ramah untuk kesehatan tubuh. Sayur ini tersedia di e-commerce atau supermarket. Tertarik untuk mencobanya?

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Edamame Kacang Fakta Kedelai Jepang


Loading...