Pelayanan Dishub Kota Bandung di Gedebage Lumpuh Total, Uji KIR Berhenti Sementara

Pelayanan Dishub Kota Bandung di Gedebage Lumpuh Total, Uji KIR Berhenti Sementara
Dishub Kota Bandung -- Kondisi banjir di sekitar kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung di Gedebage, Rabu (20/4/2022).
Editor: Epenz Teras Bandung —Rabu, 20 April 2022 14:01 WIB

Terasjabar.id - Curah hujan yang cukup tinggi melanda Kota Bandung mengakibatkan banjir di beberapa lokasi, termasuk jalan akses menuju kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung.

"Dua hari ini (Selasa dan Rabu ini, red) enggak ada pelayanan uji KIR," ujar Sekretaris Dishub Kota Bandung, Agung Purnomo, Rabu (20/4/2022 ). 

Agung, mengatakan, layanan uji KIR dihentikan karena genangan air pada akses menuju kantor Dishub Kota Bandung belum surut.

"Banjir di Jalan Pendamping SOR GBLA. Bahkan, sebelumnya air sampai menggenangi halaman kantor Dishub Kota Bandung," ujarnya. 

Gedung pengujian berada satu area dengan kantor Dishub Kota Bandung di Gedebage.

"Untuk masuk ke kantor Dishub, saya coba menggunakan mobil, air masih sampai setengah ban. Untuk mobil kecil dan motor malahan tidak bisa masuk, pasti mogok," ujarnya.

Agung mengatakan ayanan pengujian dipastikan tidak memungkinkan karena air belum surut dan sedang diusahakan untuk disedot.

"Kalau personel administrasi dan sekretariat dipindahkan sementara ke Leuwipanjang," ujarnya. 

Menurut Agung, di masa Ramadan dan menghadapi libur Lebaran ini, ada 250-300 kendaraan per hari yang melakukan uji KIR, tapi terpaksa selama dua hari ini pelayanan terhenti.

"Alat-alatnya tidak terkena banjir, tapi akses menuju gedung pengujian tak bisa dilalui," ujarnya. 

Pengujian, ucapnya, tak bisa dipindahkan ke lokasi lain karena alatnya bersifat statis.

"Sulit dipindahkan tempat pengujian, kita baru punya satu di Gedebage karena teknisnya harus menggunakan alat dan alat-alatnya statis," katanya.

Agung memastikan, untuk kendaraan yang habis masa uji KIRnya pada 19 April dan 20 April 2022 tidak akan dikenai denda.

"Ini kan kejadian alam, jadi kalau besok mereka datang untuk uji KIR maka tidak akan dikenai denda," katanya. 

Dishub pun akan menambah hari layanan uji KIR pada Sabtu dan Minggu. Untuk operasional pada Senin-Jumat mulai pukul 08.00-15.00 WIB serta Sabtu-Minggu pukul 08.00-15.39 WIB. 

"Kami haturkan permohonan maaf. Dengan kondisi alam yang tidak memungkinkan, kita tidak bisa tanggulangi. Kalau kondisi memungkinkan kita laporkan tapi tidak ada denda, " ujarnya. 



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Pelayanan Dishub Kota Bandung di Gedebage Lumpuh Total, Uji KIR Berhenti Sementara, https://jabar.tribunnews.com/2022/04/20/pelayanan-dishub-kota-bandung-di-gedebage-lumpuh-total-uji-kir-berhenti-sementara?page=all.
Penulis: Tiah SM | Editor: Tarsisius Sutomonaio

Hujan Deras Banjir Dishub Kota Bandung Uji KIR


Loading...