Transaksi di Pasar di Kota Bandung Mulai Bangkit, Pengelola Pasar Terus Bersolek

Transaksi di Pasar di Kota Bandung Mulai Bangkit, Pengelola Pasar Terus Bersolek
Tribun Jabar/Tiah SM -- Suasana di Pasar Andir Trade Center yang mulai ramai pengunjung di bulan Ramadan ini.
Editor: Epenz Teras Bandung —Rabu, 20 April 2022 12:51 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah pasar di Kota Bandung terpantau sudah menunjukkan geliat membaik setelah terkena imbas pandemi selama dua tahun terakhir.

Dari hasil laporan, beberapa pasar mengalami peningkatan pengujung 10 hingga 20 persen di masa Ramadan ini . 

“Dari transaksi kelihatannya membaik terjadi pergerakan, sehingga diharapkan ekonomi semakin tumbuh setelah  selama dua tahun terakhir mendapatkan cobaan hingga harus memberlakukan PPKM,” kata Dirut Perumda Pasar Juara Kota Bandung, Herry Hermawan, di Bandung, Selasa, (19/4/2022) 

Ia mengatakan, aktivitas menuju normal ini dipengaruhi oleh kenyamanan pengunjung berbelanja di saat angka Covid-19 terus menurun dan pedagang serta pembeli telah mendapatkan vaksinasi 1, 2, dan booster.

“Ada pengaruh dari sudah dilakukannya pemberian vaksin hingga booster bagi pedagang dan konsumen sehingga orang tidak ragu mengunjungi pasar,” katanya.

Pertumbuhan transaksi juga mulai terpantau membaik di Pasar Andir Trade Center selepas dua tahun terpuruk akibat pandemi. 

Direktur Utama PT Aman Prima Jaya (APJ) Gilang Jalu mengatakan, sebagai pengelola Pasar Andir, PT APJ mulai melakukan serangkaian renovasi di dalam dan luar gedung pasar.

“Menyambut atmosfer positif yang terlihat dari jumlah kunjungan dan bergulirnya transaksi pedagang pasar, kami terus melakukan pembenahan untuk melayani pedagang dan pembeli. Ini momentum baik, terutama di bulan suci Ramadan. Kami tentu berharap berkah dari bulan baik ini,” kata Jalu, saat ditemui di Pasar Andir Trade Center, Selasa (19/4/2022).

Jalu menambahkan, pembenahan ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan berbelanja di Pasar Andir. Dilakukan penggantian lantai dan porselen, atap bangunan, hingga perbaikan sistem saluran air di sekitar gedung.

“Sekarang sudah tidak ada banjir di Pasar Andir. Maintenance gardu listrik dan lain-lain juga terus dibenahi. Termasuk soal parkir yang terus ditata. Sekarang memakai gate. Jadi memakai gate elektronik,” ujarnya.

Fasilitas layanan bagi pedagang juga ditingkatkan. Jika pedagang melaporkan klaim kerusakan, akan ditangani cepat oleh PT APJ. 

“Ya, sebagaimana service area, kita terus meningkatkan layanan profesional bagi pedagang yang sudah menyewa. Dengan begitu otomatis bakal memberi kenyamanan bagi pengunjung,” kata Jalu.

PT APJ juga mulai membuka komunikasi dengan perbankan, untuk membuka pelayanan pembelian dan pembayaran cashless atau nontunai. Papan QR Code juga mesin EDC akan disebar di outlet pedagang. 

“Kita coba memperluas cakupan pelanggan yang selama ini sudah terbiasa memanfaatkan layanan digital. Di sini kami mengedukasi pedagang untuk bisa melayani pembeli dengan transaksi yang makin dipermudah,” katanya.

Lebih jauh, PT APJ akan mulai menata PKL di sekitar gedung. Bahkan, PT APJ sedang mematangkan rencana untuk mempercantik gedung dan kawasan menjadi lebih modern sehingga fungsi pasar akan didukung kenyamanan dan keamanan di pasar yang dikenal dengan produk fesyen ini.

“Ini ke depan Pasar Andir akan rebranding menjadi Pusat Grosir terlengkap di Kota Bandung. Kita ingin menyamakan hitsnya Mangga Dua Jakarta. Kalau Jakarta punya Mangga Dua, Bandung punya Pasar Andir,” tutur Jalu.

Jalu mengatakan, rencana besar yang akan diterapkan untuk memajukan Pasar Andir dan perekonomian Kota Bandung ini merupakan langkah serius PT APJ bermitra dengan PD Pasar Juara.

“Tentu kami sungguh-sungguh menjaga amanah yang dipercayakan PD Pasar. Kami ingin melakukan yang terbaik bagi Kota Bandung. Sudah saatnya Bandung memiliki pasar yang representatif di mata nasional, bahkan pengunjung dari negara tetangga,” ujar Jalu.

Sebagai penguat sektor kesehatan, PT APJ juga menggelar vaksinasi booster gratis bersama Polsek Andir, di rooftop Pasar Andir Trade Center. Layanan vaksinasi ini untuk mempercepat pemulihan dari pandemi sekaligus mendukung target capaian vaksin booster Pemerintah Kota Bandung.



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Transaksi di Pasar di Kota Bandung Mulai Bangkit, Pengelola Pasar Terus Bersolek, https://jabar.tribunnews.com/2022/04/20/transaksi-di-pasar-di-kota-bandung-mulai-bangkit-pengelola-pasar-terus-bersolek?page=all.
Penulis: Tiah SM | Editor: taufik ismail

Kota Bandung Pandemi Covid-19 PPKM Ramadan


Loading...