Disporapar Gelar Pengembangan Kompetensi SDM Pariwisata dan Ekraf

Disporapar Gelar Pengembangan Kompetensi SDM Pariwisata dan Ekraf
Editor: Epenz Teras Kuningan —Rabu, 13 April 2022 08:58 WIB

Kuningan,Terasjabar.id – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan menggelar fasilitasi Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Ekonomi Kreatif di aula bale desa Bojong kecamatan Cilimus Kuningan, Selasa (12/04/2022).

Kepala Desa Bojong Hj. Nurul Komariah, S.Sos selaku tuan rumah mengatakan, melalui giat ini diharapkan kedepan desa kita bisa menjadi desa yang maju, atas dorongan dan bimbingan dinas-dinas terkait. Disamping itu bimbingan ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan nara sumber. Dalam hal ini seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan desa harus bisa bersinergi, harapnya.

Gambar
Harapan senada disampaikan Camat Cilimus Cece Hendra Krisianto, S.STP. M.Si, penguatan SDM kepariwisataan di kecamatan Cilimus kabupaten Kuningan lebih meningkat, yang pada gilirannya Cilimus dan Cigandamekar menjadi daerah tujuan wisata, katanya.

Sementara itu, Kadisporapar Dr.H.Toto Toharudin M.,Pd. menjelaskan, tata cara menerima informasi biasanya sesuai dengan persepsi, tergantung wilayah masing masing.


Hal ini sama dengan obyek wisata di berbagai desa. Setiap obyek wisata di desa harus mempunyai icon/ciri, agar bisa menjadi daya tarik tersendiri.
Terkait pariwisata Kuningan, kami ingin Kuningan menjadi kawasan wisata yang baik dan maju karena melalui pariwisata bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat. Dengan begitu semuanya bisa terwujud dan terlaksana, pengembangan kompetensi SDM di setiap desa harus di kuatkan, ujarnya.

Gambar

Sementara Ketua Pokdarwis H.Maryoto, minta agar potensi yang ada di setiap desa harus bisa kita gali dan di kembangkan, melalui penguatan kompetensi SDM agar ada suatu inovasi dan motivasi.Jalin sinergitas dan bentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis), pungkas H. Maryoto.


Acara ini dihadiri Camat, Polsek Cilimus, Dosen UNISA, Gekraf Kuningan, Kepala desa Bojong, Linggamekar dan Caracas, anggota Pokdarwis, LPM, BPD, Karang taruna dan undangan lainya.

(H. Aboy)

Disporapar Kompetensi SDM Pariwisata dan Ekraf Kuningan


Loading...