Ular Weling Kagetkan Bu Sri di Kuningan, Panji Petualang Sebut Bisanya Mematikan Seperti Kobra

Ular Weling Kagetkan Bu Sri di Kuningan, Panji Petualang Sebut Bisanya Mematikan Seperti Kobra
Istimewa - Petugas Damkar Kuningan amankan ular weling di rumah Ny Sri (62) di Jalan Dewi Sartika Kabupaten Kuningan.
Editor: Epenz Teras Kuningan —Senin, 4 April 2022 10:35 WIB

Terasjabar.id - Petugas Damkar Kuningan amankan ular weling di rumah Ny Sri (62) di Jalan Dewi Sartika Kabupaten Kuningan.

"Iya, petugas kita berhasil melakukan penangkapan ular jenis Weling dengan nama ilmiah Bungarus Candidus ( ular belang) yang punya bisa mematikan dan ini adalah spesies ular tikus yang tersebar luas di Asia Tenggara yang memiliki panjang 1 meter," ungkap Kepala Damkar Kuningan, Minggu (3/4/2022) malam. 

Pemilik rumah, kaget saat ke dapur rumah, ada ular weling tersebut. 

"Jadi, tadi kejadian itu sekitar pukul 21.30 malam. Pas masuk ke dalam ruangan cuci langsung melihat ular berada diatas langit -langit yang berada ruang cuci tersebut," katanya.

Seketika itu, Ny Sri langsung panik dan menghubungi Damkar Kuningan,

"Karena dianggap dapat membahayakan pemilik rumah, kami kemudian mengirimkan 3 anggota untuk rescue ular tersebut," katanya.

Selain tindakan tadi, Kepala UPT Damkar Kuningan, Khadafi mengaku belum lama telah menyerahkan sejumlah ular terhadap komunitas reptil di Kuningan.

"Untuk penyerahan ular, kami sering lakukan kepada komunitas reptil. Untuk jenis ular yang biasa kami serahkan itu, ada jenis ular kobra, ular weling dan ular phyton atau Sanca," ujarnya. 


Tentang Ular Weling

Pada vlog-nya yang diunggah pada 22 Agustus 2019 berjudul 'Ular Weling Tewaskan Satpam di Tangerang/Yuk Kenali Ular!', Panji Petualang menjelaskan lebih jauh tentang ular weling.

Perlu diketahui, ular weling atau bungarus candidus termasuk dalam suku atau golongan Elapidae. Menurut Panji Petualang, ular berbisa itu masuk ke dalam keluarga besar ular kobra.

"Ular weling jenis Bungarus spesies, Bungarus adalah keluarga ular golongan Elapidae yang masuk dalam keluarga besarnya kobra, hanya mereka berbeda spesies," ujarnya.

Di antara ular Elapidae, ular weling termasuk pasif dan cenderung jinak. Berbeda dengan ular king kobra yang sangat agresif.

"Di antara jenis elapidae, memang jenis bungarus termasuk ular yang pasif, tidak seperti king kobra yang sangat agresif, bugnarus cenderung jinak," kata Panji Petualang.

Namun, tetap saja ancaman gigitan ular berbisa itu tak bisa dielakkan. Apalagi jika ular weling merasa terusik atau terancam.

Saat sang ular berada dalam kondisi terancam, maka akan langsung melakukan gigitan.

"Namun ketika mereka merasa terusik dan terancam, mereka tak akan segan menggigit," katanya.

Panji Petualang menyebut, ular weling memang sulit ditebak. Ular tersebut disebut nyaris mirip dengan ular paling mematikan di dunia, yakni ular laut.

"Ular weling, berbisa namun pasif, aktif di malam hari, hampir mirip ular paling mematikan di dunia yaitu ular laut, namun merek asulit ditebak," katanya.

Selain itu, Panji Petualang pun mengungkapkan, terkait serum antibisa untuk gigitan ular berbisa. Menurutnya, di Indonesia baru ada antibisa jebolan Biofarma, yakni Biosave Polivalen.

Menurutnya, antibisa itu bisa mengobati gigitan ular weling, ular tanah, dan ular kobra.

"Bisa mengobati gigitan dari bungarus, yaitu welang atau weling, gigitan ular tanah, gigitan ular kobra," ujar Panji Petualang.

Namun, untuk ular berbisa lainnya seperti king kobra, Panji Petualang menyebut tak ada obatnya.

"Dan beberapa ular berbisa lainnya seperti king kobra dan lain-lain tidak bisa diobati dengan antibisa tersebut," katanya.



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Ular Weling Kagetkan Bu Sri di Kuningan, Panji Petualang Sebut Bisanya Mematikan Seperti Kobra, https://jabar.tribunnews.com/2022/04/04/ular-weling-kagetkan-bu-sri-di-kuningan-panji-petualang-sebut-bisanya-mematikan-seperti-kobra?page=all.
Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Mega Nugraha

Damkar Kuningan Ular weling Kabupaten Kuningan Rumah Jalan Dewi Sartika


Loading...