Bakesbangpol Kuningan Gelar Road Show Pembauran Kebangsaan

Bakesbangpol Kuningan Gelar Road Show Pembauran Kebangsaan
Editor: Epenz Teras Kuningan —Jumat, 1 April 2022 10:53 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kuningan secara marathon melakukan Road Show Pembinaan dan Penguatan Pembauran Kebangsaan ke 5 kecamatan 23-31 Maret 2022, dipimpin langsung oleh Kepala Bakesbangpol DR H Budi Alimudin, M.Si. didampingi beserta jajarannya dan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kuningan.

Sasaran pembinaan dilaksanakan di kecamatan Garawangi, Sindangagung, Kuningan Kota, Kramatmulya dan kecamatan Cigugur.


Dalam arahannya DR Budi Alimudin, M.Si, mengatakan, kebhinekan dan keragaman mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara, yang terdiri dari berbagai suku, ras, etnis, dan agama.

Gambar
Di negeri tercinta NKRI ini kita harus mengakui perbedaan, dalam menjaga dan memelihara keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa. Ada 6 agama dan aliran kepercayaan di NKRI ini. Seperti contoh di kecamatan Cigugur, merupakan miniaturnya Indonesia, paparnya.


Mari kita memaknai dan memahami perbedaan, dalam mewujudkan keutuhan, kondusivitas dan stabilitas NKRI.


Dikatakan bahwa, pembauran kebangsaan adalah pembauran unsur kebangsaan dalam satu kehidupan berbangsa dan bernegara secara politis maupun antropologis, yang berarti proses penyesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda, sehingga mencapai keserasiaan fungsi dalam kehidupan masyarakat.


Sementara Kabid Tahbang Kesbangpol Aan Henaro dan ketua FPK Yunus Suarman,SE tampil sebagai narasumber, dengan materi "Penguatan Pembauran Kebangsaan Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika" dan Optimalisasi Pembauran Kebangsaan. (H Aboy)

Bakesbangpol Kuningan Road Show Pembauran Kebangsaan FPK Kuningan


Loading...