Ridho : Kontes Bonsai Dapat Mendongkrak Perekonomian Masyarakat

Ridho : Kontes Bonsai Dapat Mendongkrak Perekonomian Masyarakat
Editor: Epenz Teras Kuningan —Jumat, 1 April 2022 10:15 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Pameran dan Kontes bonsai dapat menjadi langkah awal dalam mendongkrak perekonomian masyarakat. Terlebih pesertanya berdatangan dari luar Kuningan, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan daerah lainnya. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, saat hadir di acara Pameran dan Kontes Bonsai yang digelar Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kuningan, di Pasar Rakyat Cilimus, Minggu (27/3/2022).

Tentu sebagai tamu mereka akan mengenal lebih dekat Kabupaten Kuningan, sementara bagi pribumi semakin termotivasi untuk lebih kreatif,” ungkap Ridho.

Pameran dan kontes bonsai ini, membuktikan para penggiat dan pecinta bonsai di Kabupaten Kuningan sudah mampu menciptakan tanaman bonsai yang berkualitas. Menurutnya, selain menjalankan hobi, pemeliharaan tanaman bonsai hingga memiliki kualitas yang baik dapat dimanfaatkan untuk menciptakan pundi-pundi rejeki.

“Bonsai kini tidak sekedar hanya jadi tanaman hias. Kehadiran bonsai yang dibudidayakan secara baik akan bernilai ekonomis bagi peningkatan perekonomian. Bahkan jika dikembangkan secara luas, kedepan akan bisa meningkatkan pendapatan daerah. Untuk itu, jadikan bonsai ini sebagai komoditas perekonomian,”

Selain menjadi komoditas perekonomian sambung Rudho, diharapkan melalui pameran dan kontes bonsai, dapat menggairahkan generasi muda agar tetap peduli terhadap kelestarian lingkungan. Karena menurutnya, upaya dalam mencintai dan melestarikan lingkungan menjadi hal utama yang harus dilakukan di Kabupaten Kuningan.

“Pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Kuningan berbasis pada lingkungan. Jadi, saya mendukung seluruh kegiatan pelestarian lingkungan, termasuk pameran bonsai yang digelar kali ini. Tentu agar pariwisatanya lebih maju dan Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi tetap terjaga,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PPBI Cabang Kuningan Zainal mengungkapkan, pameran dan kontes bonsai kali ini diikuti 465 pohon, 32 kelas tunggal, 378 kelas prospek, dan 55 kelas jadi. Adapun tujuan digelarnya event ini, sebagai ajang silaturahmi para pebonsai sekaligus membangkitkan semangat penggiat bonsai di Kabupaten Kuningan.

“Kami mengadakan pameran dan kontes bonsai ini, kedepan akan menggelar pameran dan kontes dalam skala nasional,” ujar dia.

Acara dihadiri Anggota DPRD Ir.H. Rusliadi, Camat Cilimus Maryanto, M.Si, Kades Cilimus H. Mulyadin, serta sejumlah undangan lainnya. (H Aboy)

Kontes Bonsai PPBI Wabup Kuningan Pasar Rakyat Cilimus Pameran


Loading...