3 Budayawan Kuningan Menerima Anugerah Budaya

3 Budayawan Kuningan Menerima Anugerah Budaya
Editor: Epenz Teras Kuningan —Selasa, 22 Februari 2022 14:43 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Tiga Legendaris Budayawan Kabupaten Kuningan, yang telah mengharumkan Kuningan melalui karya-karya seni yaitu, RA. Tisna Werdaya alm. ahli Bahasa dan Sastra Sunda, H Sjambas Hanafie alm. dan H.E.Susangka alm. keduanya sebagai penulis novel “Laleur Bodas” menerima Anugerah Budaya pada  puncak acara "Mieling Basa Indung Sadunya" (Hari Bahasa Ibu Sedunia), yang diserahkan Bupati Kuningan H Acep Purnama kepada wakil dari keluarga almarhum, di Gedung Kesenian Raksawacana Kuningan, Senin malam (21/2/2022).

Anugerah Budaya ini digelar atas kerja bareng Dinas Pendidikan&Kebudayaan Kab. Kuningan dengan Dewan Kebudayaan Kuningan, dalam rangkaian memperingati Basa Indung (Bahasa Ibu) Sedunia dihadiri Forkopimda  Ketua DKK Dr Uhar Suharsaputra dan jajaran, Kabid Kebudayaan Muplihudin,M.Pd, Kasi Kebudayaan Rianto, sejumlah kepala SKPD, para seniman dan undangan.

Gambar

Bupati Acep dalam kata sambutannya mengatakan, tanggung jawab melestarikan kebudayaan khususnya Bahasa, Sastra dan Budaya Sunda merupakan kewajiban kita semua. Dibutuhkan satu usaha sinergis yang melibatkan semua unsur.

“Bingah kacida ningali warga masyarakat kalayan rengrengan Pamarentah anu kompak paheuyeuk heuyeuk leungeun pa antay-antay tangan sasarengan ngawangun Kuningan nu dipikanyaah ku urang sarerea,” ungkapnya dalam bahasa Sunda.

Pemerintah Kabupaten Kuningan memberikan dukungan penuh terhadap program-program yang berkaitan dengan pelestarian Bahasa dan Budaya Sunda. Karena membangun Kuningan yang Makmur, Agamis dan Pinunjul di tiap desa memerlukan beberapa hal yang bisa dibangun  melalui kekayaan Bahasa dan Budaya Sunda.
“Pangeusi tatar sunda mibanda bahasa daerah nyaeta bahasa sunda, tur  mibanda budaya sunda anu pinuh tur jembar ku rupa-rupa budaya. Di Kuningan aya sabaraha macem diantarana nyaeta reog, calung, angklung, lais jeung debus, aya tarawangsa, celempung, jeung rea-rea deui,” ucapnya.

Gambar
Bupati Acep berharap nilai-nilai mulia yang ada di dalam kebudayaan daerah khususnya sunda diharapkan bersatu dengan kepribadian bangsa Indonesia.


“Sim Kuring oge manuhun ka sadaya kadang wargi, ka para pakar Basa Sunda jeung Budaya Sunda, hayu bebenah Basa jeung Budaya Sunda sangkan henteu gedag ka angina la’as kahujanan kasilep ku budaya deungeun. Atuh pamugi bage urang sadayana dipaparin kajembaran tur kasinugrahan dina mulasara warisan karuhun urang ieu,” ungkapnya.


Kepada masyarakat Acep mengajak untuk melestarikan budaya membaca, agar pengetahuan kita terhadap Bahasa Sunda dan Sastra Kuningan bisa menambah pengertian bahwa buku itu penting dan gudangnya ilmu pengetahuan.  Selain itu ia juga mengajak masyarakat Kuningan untuk melestarikan Bahasa, Sastra dan Budaya Kuningan. (H Aboy)

Budayawan Kuningan Anugerah Budaya Karya Seni Mieling Basa Indung Sadunya Bupati Kuningan


Loading...